Pariwara
Politik

Gugatan Jilid Dua Kaisar Ditolak

SIDANG PUTUSAN : Sidang pembacaan putusan gugatan yang diajukan oleh Kaisar yang dihadiri langsung oleh termohon (KPUD Baubau) dan pihak pemohon (Kaisar). Foto: Akhirman/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Mantan Bapaslon wali kota dan wakil wali kota Baubau, Nursalam-Nurman Dani kembali mengajukan gugatan terhadap putusan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Baubau. Kali ini, pasangan bertagline Kaisar menggugat keputusan nomor: 28/PY.03.1-Kpt/7472/Kota/III/2018 tertanggal 4 Maret 2018 tentang penetapan paslon wali kota dan wakil wali kota Baubau pasca putusannya dianulir panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat.

Namun pada gugatan jilid dua ini, gugatan Nursalam-Nurman Dani tidak bisa ditindaklanjuti. Pasalnya, Panwaslu Baubau menolak semua permohonan gugatan yang diajukan. Penolakan itu dibacakan dalam sidang musyawarah penyelesaian sengketa di kantor Panwaslu Baubau, Selasa (20/3) malam.

“Hasilnya, Panwas menolak permohonan untuk seluruhnya. Menguatkan keputusan KPU Baubau nomor: 28/PY.03.1-Kpt/7472/Kota/III/2018 tertanggal 4 Maret 2018 tentang penetapan paslon,” tandas M Yusran Elfargani, Ketua Panwaslu Baubau.

Jika ada pihak yang merasa keberatan atau dirugikan dengan putusan tersebut, pihaknya mempersilahkan untuk melakukan upaya hukum melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). “Apabila ada yang tidak puas dengan putusan ini, bisa melakukan upaya hukum jalur lain yaitu PTUN,” tandasnya.

Menanggapi hasil putusan panwas tersebut, kuasa hukum Kaisar, Apri Awo menghargai penolakan atas permohonan yang diajukan pihaknya. “Pada dasarnya kita taat dengan putusan Panwas. Memang kita sudah prediksi putusan Panwas akan seperti ini,” ucapnya.

Lalu apa langkah selanjutnya yang akan dilakukan Kaisar? Untuk saat ini, Apri Awo mengaku belum memikirkanya. “Terkait langkah apa yang kami lakukan, itu tergantung Kaisar. Kalau memang kami masih dipercaya, dalam waktu tiga hari kami akan pelajari untuk menentukan sikap,” tutupnya.

Sekedar diketahui, gugatan jilid dua yang kembali diajulan Kaisar adalah mempersoalkan keputusan KPU Baubau nomor: 28/PY.03.1-Kpt/7472/Kota/III/2018 tertanggal 4 Maret 2018. Kaisar meragukan hasil verifikasi dan penelitian ulang surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) calon wakil wali kota Baubau, La Ode Yasin yang dilakukan KPUD setempat. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top