Pariwara
Kolaka

Dinkes Kolaka Cari Penderita Kusta

ZULFADLY NUR/KENDARI POS.
KUSTA : Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kolaka, Madu, SKM, mendatangi salah seorang penderita kusta, warga Kecamatan Iwoimendaa.

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk mengeliminir penderita kusta di Bumi Mekongga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka melalui Dinas Kesehatan berupaya mengoptimalkan pelayanan pada warga yang terjangkit penyakit kulit tersebut. Salah satu cara, dengan mencari penderita kusta yang diisolasi pihak keluarganya. “Tahun 2017 lalu kami temukan 43 orang penderita kusta. Sedangkan di tahun 2018 hingga saat ini kami baru temukan tiga penderita. Mereka tersebar di seluruh kecamatan. Tahun 2017 itu banyak karena kami mencari dan tangani. Kami cari karena banyak penderita kusta yang disembunyikan keluarganya karena malu,” ungkap Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kolaka, Madu, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (21/3).

Madu mengatakan, penyakit kusta dapat menular melalui lingkungan, bukan melalui sentuhan langsung. Makanya, ia mengimbau pada masyarakat agar tidak takut menyentuh penderita kusta ataupun menjauhinya. “Tak usah takut menyentuh saudara kita yang kusta dan jangan sembunyikan dia. Tapi segera laporkan ke kami ataupun layanan kesehatan yang terdekat supaya segera ditangani karena mereka juga ingin hidup normal. Penyakit kusta itu bisa disembuhkan jika diobati secara rutin selama 6-12 bulan,” paparnya.

Madu berharap, dengan upaya yang dilakukan pihaknya dalam mengeliminasi penyakit kusta di Bumi Mekongga, maka ia optimis tahun 2019 mendatang tidak ada lagi warga yang menderita penyakit tersebut. “Salah satu program prioritas Pemkab Kolaka adalah pemenuhan layanan kesehatan. Makanya di tahun 2019 kami targetkan Kolaka bebas kusta. Agar dapat terealisasi, maka kami minta dukungan camat, lurah ataupun Kades serta seluruh masyarakat segera melaporkan pada petugas kesehatan jika ada warga yang diketahui mengidap atau terindikasi menderita penyakit kusta agar segera ditangani. Salah satu gejala kusta yaitu adanya bercak putih dan bila disentuh tidak terasa,” tandasnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top