Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Wujudkan Ketahanan Pangan, Bulog-BPS Kerja Sama

Dorong Sinergi Antarlembaga: Penandatanganan nota kesepahaman Bulog dan BPS. Foto: Jawa Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Perum Bulog bersama Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan penandatanganan nota kesepahaman mengenai penyediaan, pemanfaatan, serta pengembangan data dan informasi statistik di bidang pangan yang dilaksanakan di kantor Pusat Perum Bulog.

Direktur Utama Perum Bulog, Djarot Kusumayakti mengatakan, sesuai Peraturan Presiden Nomor 48 Tahun 2016, Bulog ditugaskan menjaga ketersediaan pangan dan stabilisasi harga di tingkat konsumen maupun produsen dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Melalui nota kesepahaman ini diharapkan akan diperoleh data dari BPS sebagai informasi pendukung perencanaan, pelaksanaan, maupun monitoring, dan evaluasi pada penugasan yang diemban pihaknya.

“Ini merupakan tantangan sekaligus kesempatan bagi kami untuk meningkatkan kapabilitas. Perum Bulog diberi kepercayaan untuk beras tapi juga untuk jagung dan kedelai. Ada 8 bahan pokok yang diberikan opsional yaitu gula, minyak goreng, tepung terigu, bawang merah, cabe, daging sapi, daging ayam ras, dan telur,” ujarnya di Kantor Pusat Bulog, Jakarta, Selasa (20/3).

“Dengan lingkup tugas yang semakin luas itu maka perum Bulog perlu membuat kegiatan yang komprehensif. Meskipun lingkup tersebut memerlukan kebijakan namun dari sisi operasional,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, nota kesepahaman ini menjadi payung hukum kerja sama Perum Bulog dan BPS dalam 5 tahun ke depan. Kerja sama ini akan semakin mendorong sinergi antarlembaga. “Dengan adanya penandatanganan ini, kerja sama tim BPS dan tim Bulog akan lebih bagus dan meningkatkan sinergi yang sudah bagus,” kata dia.

“Kalau lihat rencana kerja pemerintah ada prioritas nasional yang paling penting adalah ketahanan pangan. Peran Bulog sangat penting dalam menjaga stabilitas pangan baik di tingkat konsumen maupun produsen,” pungkasnya. (JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top