Pariwara
Kesehatan

Waspada! Ini Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Wanita Hamil

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kehamilan adalah masa di mana wanita berada pada titik yang vital dan rapuh. Bertindak ceroboh dan melakukan apa yang menjadi pantangannya tentunya adalah yang yang wajib untuk dihindari. Salah satunya pantangan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman. Tidak mengindahkan apa yang menjadi larangan dapat berpengaruh serius terhadap ibu dan calon bayi yang masih berada dalam kandungan.

Berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang pantang dikonsumsi oleh wanita hamil seperti diambil dari HealthLine.com:

1. Ikan tinggi kandungan merkuri

Wanita hamil dianjurkan untuk membatasi konsumsi ikannya, satu hingga dua kali dalam sebulan. Beberapa jenis ikan dengan kadar merkuri tinggi ditemukan pada beberapa jenis ikan seperti king mackerel dan tuna. Perli dicatat, tidak semua ikan tinggi akan merkuri, hanya beberapa jenis saja.

2. Ikan mentah atau setengah matang

Ikan mentah, khususnya jenis shellfish, udang, remis, kepiting dan kerang dapat menyebabkan beberapa jenis infeksi yang disebabkan oleh norovirus, Vibrio, Salmonella, Listeria dan parasit. Infeksi ini biasanya hanya terdampak pada sang ibu, menyebabkan gehidrasi dan tubuh melemah.

3. Dading mentah, setangah matang atau olahan

Mengkonsumsi jenis makanan ini juga dapat meningkatkan resiko infeksi bakteri dan parasit seperti Toxoplasma, E. coli, Listeria dan Salmonella. Infeksi ini dapat dapat membahayakan kesehatan bayi yang belum lahir.

4. Telur mentah

Telur mentahh bisa saja terkontaminasi Salmonella. Dampak Infeksi yang disebabkannya biasanya hanya terjadi pada sang ibu. Mual, muntah, demam keram perut dan diare adalah beberapa gejalanya.

5. Jeroan

Meksi kaya akan gizi, namuan terlalu banyak konsumsi jeroan di masa kehamilan dapat menyebabkan keracunan vitamin A dan kadar tembaga yang tinggi, menyebabkan cacat lahir dan keracunan pada liver.

6. Kafein

Dapat ditemukan pada kopi, teh, soft drink dan cocoa, kafein, ketika dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan bayi lahir dengan bobot di bawah normal.

7. kecambah mentah

Termasuk alfalfa, cengkeh, lobak, toge bisa saja mengandung Salmonella. Sebab itu, sangat dianjurkan untuk tidak memakannya tanpa melewati proses memasak.

8. Buah atau sayur yang belum dicuci

Permukaan buah atau sayuran yang belum dicuci dapat terkontaminasi oleh bakteri dan parasit seperti Toxoplasma, E. coli, Salmonella dan Listeria.

9. Susu, keju dan jus buah yang tidak melewati proses pasteurisasi

Susu dan keju mentah dapat membawa bakteri berbahaya termasuk Listeria, Salmonella, E. coli dan Campylobacter. Demikian juga jus buah. Konsekuensinya serius terhadap calon bayi.

10. Alkohol

Wanita hamil sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi alkohol karena dapat meningkatkan resiko keguguran dan kematian pada bayi.

11. Junk food olahan

Tubuh wanita hamil sangat membutuhkan gizi penting seperti protein, folat dan zat besi. Sementara konsumsi makanan cepat saji tidaklah menawarkan gizi yang dibutuhkan tubuh, di sisi lain tinggi akan kalori, gula dan lemak tambahan yang biasa dikaitkan dengan diabetes gestasional dan komplikasi dan dapat berdampak pada kesehatan bayi dalam jangka panjang.(ruf/fajar)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top