Pariwara
Muna

DPRD Muna Sorot Minimnya Daya Listrik RSUD

KENDARIPOS.CO.ID — Rendahnya daya listrik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muna mendapat sorotan dari pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Padahal, penambahan daya listrik itu dianggap bukan sesuatu yang sulit untuk ditangani. Penambahan daya dapat dilakukan RSUD dengan menggandeng PLN Rayon Raha. Ketua DPRD Muna, Mukmin Naini, mengaku tak habis pikir, persoalan listrik yang sangat urgen bisa diabaikan oleh pihak manajemen rumah sakit milik pemerintah kabupaten (Pemkab). Apalagi, Mukmin sempat mendengar informasi jika ada pasien meninggal dunia dalam kondisi listrik rumah sakit padam berkali-kali.

“Saya lihat RSUD maupun Pemkab lamban menangani. Padahal, listrik ini vital dan bisa berbahaya kalau dayanya tidak mencukupi,” kata Mukmin Naini, kemarin. Diketahui, daya listrik RSUD Muna hanya 13.250 kilowatt hours (kWh) dan dipastikan tak memadai untuk kebutuhan pelayanan. Kondisi itu diperparah dengan tak adanya sumber cadangan energi, seperti generator. Perhitungan ideal pasokan listrik RSUD harusnya 725.000 kWh.

Namun karena peningkatan daya itu membutuhkan biaya dan proses panjang, RSUD disarankan menambah dulu hingga 197.000 kWh agar memenuhi kebutuhan listrik saat ini. Hanya saja, hingga kini penambahan daya belum dapat dilakukan karena RSUD tak menunaikan kewajiban membayar sebesar Rp 200 juta pada PLN Rayon Raha. “Itu kan (pembayaran) hal teknis. Miris kalau tidak bisa diselesaikan. Padahal taruhannya nyawa pasien,” sambung Mukmin.

Untuk itu, ia meminta Pemkab mengambil langkah penyelesaian. Ia tidak ingin masyarakat dirugikan hanya karena soal listrik yang lamban ditangani. “Kalau perlu, Bupati panggil Direktur RSUD Muna itu. Biar masalahnya selesai. Kami tekankan jangan sampai masalah teknis begini menganggu pelayanan pada masyarakat,” pungkas politikus PAN tersebut. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top