Pariwara
Politik

Bawaslu Minta Pemilih Non KTP-el Dituntaskan

Munsir Salam

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra sebanyak 1.666.546 pemilih. Keputusan tersebut diambil melalui rapat pleno rekapitukasi daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) tingkat provinsi untuk ditetapkan menjadi DPS. Dari jumlah itu, terdapat pemilih potensial non Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) sebanyak 210.166 pemilih.

Komisioner Bawaslu Sultra, Munsir Salam mengatakan pemilih non KTP-el dalam DPS tersebut memiliki potensi kehilangan hak pilih karena tidak dapat menggunakan haknya untuk memilih di TPS. Selain itu, bisa menjadi persoalan di TPS pada saat pemungutan suara tanggal 27 Juni 2018 nanti. Maka pihaknya dan KPU Sultra akan berkoordinasi berharap Disdukcapil untuk menuntaskan sebelum 27 Juni 2018. “Mestinya sudah KTP-el karna tidak ada lagi alasan tidak adanya blanko KTP-el. Apalagi di setiap kabupaten/kota sudah tersedia,” katanya kepada Kendari Pos.

Mantan Ketua KPID Sultra ini meminta Disdukcapil menghentikan penerbitan suket untuk masyarakat yang pemilih. Disdukcapil Sultra telah menyetujui terlebih blanko KTP-el sudah tersedia. Hanya saja, ia masih meminta dukungan Disdukcapil kabupaten/kota. Dengan begitu, pemilih non KTP-el bisa dituntaskan.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah mengatakan pemilih yang berjumlah 210.166 itu juga termaksud pengguna Suket dan untuk suket ini tinggal mengambil blanko KTP yg sudah tersedia stoknya di Dukcapil. Sedangkan, pemilih yg belum memiliki KTP-el dan Suket antara lain adalah pemilih pemula yang pada 27 Juni 2018 baru berumur 17 Tahun, tentunya belum bisa mengurus KTP-el maupun Suket Capil, tetapi sudah memiliki hak untuk memilih.

Menyangkut nama-nama pemilih pemula kata dia, akan dikoordinasikan dengan disdukcapil dan tentunya akan ada kebijakan dari Kemendagri seperti apa diberikan dalam bentuk Surat Keterngan khusus. Kedua, pemilih yang sama sekali tidak memiliki KTP-el maupun Suket tetapi hasil Coklit membuktikan pemilih tersebut adalah penduduk diwilayah tersebut dan punya hak memilih. Sehingga nama-nama tersebut pula akan dikoordinasikan dengan disdukcapil. “Saat ini masih DPS maka akan dirampungkan tugas-tugas ini sampai DPT jadi problematika bagi yg belum memiliki KTP-e akan dikoordinasikan dengan disdukcapil,” tandasnya. (b/wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top