Pariwara
Buton Tengah

Usulan CPNS Buteng Capai 800 Orang

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buton Tengah (Buteng) akan memaksimalkan usulan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang akan direkrut tahun ini. Jika rencana awal akan diusul 500 orang, maka berdasarkan hasil analisa jabatan dan analisa beban kerja (Anjab dan ABK) instansi itu akan menambah usulan hingga 300 orang. Apalagi total usulan 800 CPNS itu, masih memungkinkan dilakukan jika dilihat dari beban belanja pegawai di Buteng.

Kepala BKPSDM Buteng, Samrin, mengatakan, sesuai instruksi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan-RB), agar data kebutuhan pegawai selalu diupdate. Menindaklanjuti hal tersebut, maka berdasarkan Anjab dan ABK pihaknya akan berusaha menambah jumlah usulan CPNS yang diterima hingga 800 orang. Bahkan BKPSDM sudah berkoordinasi dengan pimpinan daerah untuk menambah jumlah usulan CPNS yang diterima. “Saat rapat koordinasi awal, kita memang rencana mengusul sebanyak 500. Namun total usulan prioritas yang diterima dari semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sebanyak 550 orang. Kemudian, KemenPAN-RB masih memberi kesempatan untuk menambah usulan CPNS. Makanya kami berusaha agar usulan dimaksimalkan menjadi 800 orang,” ungkapnya, Kamis (15/3).

Samrin menjelaskan, jumlah usulan tersebut masih sesuai dengan beban belanja pegawai. Saat ini, beban belanja pegawai kurang lebih 30 persen. Jika melihat usulan yang 800 orang tersebut, maka total belanja pegawai sebanyak 36 persen. Sementara aturannya, daerah tidak bisa menerima CPNS jika belanja pegawai mencapai 50 persen ke atas. “Sebagai daerah otonom baru (DOB) yang kekurangan pegawai, kami optimis bisa mendapat banyak kuota, kecuali nasional tidak banyak. Apalagi kemampuan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kita masih memungkinkan untuk menerima hingga 800 orang. Bahkan, beban pegawai kita masih memberi peluang untuk menerima CPNS 2019 mendatang,” jelasnya.

Samrin mengungkapkan, pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut dari KemenPAN. Namun, ia memerkirakan, pendaftaran yang biasa dilakukan April, kemungkinan tidak terlaksana. Ia memastikan jika tahun 2018 ini ada penerimaan CPNS. (c/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top