Pariwara
Konawe

RPK Jadi Peluang Bisnis Masyarakat Konawe

HELSON MANDALA PUTRA/KENDARI POS
LOGISTIK : Stok beras, gula, dan minyak yang disediakan pihak Bulog Unaaha untuk diniagakan pada sejumlah RPK di wilayah Konawe.

KENDARIPOS.CO.ID — Salah satu produk komersial Bulog adalah Rumah Pangan Kita (RPK) yang dimaksudkan untuk menstabilkan harga hingga ke daerah pelosok. Sayangnya, jumlah RPK di Konawe masih minim, karena baru tercatat ada di 61 desa dari ratusan wilayah pada daerah lumbung beras tersebut. Padahal, RPK dinilai sebagai peluang bisnis bagi masyarakat dengan status ekonomi menengah ke bawah.

Kepala Subdivre Perum Bulog Unaaha, A. Nurhayati, mengungkapkan, pihaknya ingin semua desa mempunyai RPK untuk menjaga ketersediaan stok, keterjangkauan dan kestabilan harga. Sebab RPK menjual dengan harga eceran tertinggi yang ditetapkan pemerintah.

“Jadi, jauh ataupun dekat dengan pusat kota, harganya tetap sama, baik itu di Latoma atau Unaaha, sama harganya. Sebab ada margin fee dari Bulog dan pemerintah. Misalnya gula, harganya Rp 12.500, di Unaaha atau di Latoma, sama. Tidak boleh dinaikan melewati batasan harga Bulog,” terangnya, Rabu (14/3).

Akan tetapi, menurut Andi, harga tebus bahan pokok RPK yang bergabung di Bulog, sangat jauh dibawah harga pasaran, sehingga bisa menjadi peluang bisnis bagi masyarakat, baik yang ada di pusat kota ataupun pelosok. Target Bulog, seluruh daerah ada perwakilan satu desa atau kelurahan memiliki RPK. “Setiap desa yang berminat membuat RPK, bisa langsung ke Bulog, hanya dengan fotokopi KTP dan berbelanja Rp 3 juta, mereka bisa mendapatkan beras, gula, minyak dan bawang. Untuk belanjaannya terserah masyarakat, menyesuaikan dengan prospek kebutuhan di tempat masing-masing,” pungkasnya. (c/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top