Pariwara
Muna

Rp 13,7 M Bangun TPA di Muna

Sanuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Muna kembali mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat sebesar Rp 13,7 miliar. Anggaran bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tersebut digunakan untuk membangun tempat pembuangan sampah sementara. Kepastian itu diperoleh saat Rusman Emba menandatangani Memorandum of Undestanding bersama KemenPU-Pera di Bali, Selasa (13/3) lalu. “Rencana mau dibangun TPS meniru (TPA Puuwatu) Kendari. Bupati yang langsung terima di Bali,” kata Sekretaris Kabupaten Muna, Nurdin Pamone, Rabu (14/3).

Lebih rinci, pembangunan TPA itu dijelaskan Sanuddin, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Muna. Ia mengaku hadir langsung di Bali. Pemkab sendiri sudah menyiapkan lahan seluas delapan hektare di Kelurahan Wawesa, Kecamatan Batalaiworu. “Lahan itu kawasan hutan yang diturunkan statusnya jadi area pemanfaatan lain. Seluruh prosesnya sudah selesai, baik di pertanahan maupun di Pemkab,” paparnya.

Jika TPA tersebut sudah terbangun, Pemkab akan mengelola dengan memanfaatkan energi terbarukan dari sampah. Ada sebuah instalasi tinja yang ikut melengkapi TPA pertama yang dibangun di Muna itu. “Dananya Rp 13,7 miliar. Selain itu ada juga fasilitas loader, truk sampah 10 unit, truk tinja dan eksavator. Jadi lengkap,” tambahnya.

Sanuddin mengaku bersyukur bantuan tersebut diperoleh Muna. Sebab sebelumnya banyak daerah mengusulkan paket pembangunan serupa. TPA itu akan menggantikan lokasi pembuangan sampah sebelumnya yang berjarak 13 kilometer dari Kota Raha. “Kalau yang ini hanya tiga kilometer. Lebih dekat dan memudahkan proses angkut sampah dari dalam kota ke TPA,” sambungnya.

Kegiatan pembangunan sendiri baru akan dimulai pada September 2018 mendatang. Sesuai perencanaan, proyek itu akan selesai satu tahun. Dengan kehadiran TPA tersebut membuat Sanuddin optimis Kabupaten Muna bisa meraih piala Adipura pada tahun 2020 mendatang. “Kalau sudah ada itu, kami berani target Adipura. Sebab selama ini, kendala penghargaan itu hanya tidak adanya TPA representatif,” pungkasnya. (c/ode)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top