Pariwara
Buton Selatan

DD Busel Tahap I Mulai Dicairkan

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah beberapa hari mengalami penundaan, pencairan dana desa (DD) tahap pertama di Kabupaten Buton Selatan (Busel), akhirnya dilakukan. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Busel mulai melakukan transfer anggaran dari buku rekening umum kas daerah ke masing-masing desa. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Desa/Kelurahan DPMD Busel, Abdul Mutalib. “Transfer DD tahap satu ke beberapa rekening desa mulai kita lakukan. Tercatat, sampai saat ini sudah ada 24 dari total 60 desa di Busel yang menerima kucuran DD,” kata Abdul Mutalib saat ditemui di ruang kerjanya.

Sebenarnya, proses transfer DD ke rekening desa sudah dapat dilakukan sejak Februari lalu. Apalagi, pihak Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) telah mentransfer anggaran DD tahap I ke rekening umum kas daerah sejak 13 Februari 2018. Tetapi, karena belum ada desa yang melengkapi administrasinya, maka baru dilakukan Maret ini. “Itupun untuk saat ini baru 24 desa yang menyetor APBDes dan rencana kerja pembangunan desa (RKPDes). Sementara untuk 36 desa yang belum menyerahkan APBDes dan RKPDes, maka dananya belum dapat dicairkan. Semua masih dalam proses pelengkapan administrasi. Kalau berkasnya sudah rampung, maka kita akan rekomendasikan ke Keuangan Daerah untuk dilakukan pencairan,” paparnya.

Menurut Abdul Mutalib, proses pencairan DD dibagi tiga tahap, yakni tahap I untuk Januari-Maret sebesar 20 persen, tahap II April-Juni 40 persen dan Juli-Desember 40 persen. “Untuk besaran DD 20 persen ditahap awal ini nominalnya sebesar Rp 10.169.456.600. Seluruhnya akan disalurkan ke 60 desa yang ada di Busel untuk dimanfaatkan sesuai perencanaan,” sambungnya.

Proses pembagian DD tersebut tidak dilakukan secara merata. Semua sesuai klasifikasi luas wilayah, tingkat kesukaran, jumlah penduduk dan warga miskin. “Dalam artian, desa yang masuk kriteria itu lebih besar mendapatkan DD. Makanya DD masing-masing desa bervariasi,” tutupnya. (b/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top