Pariwara
Edukasi

SMKN 1 Watunohu Temukan Obat Kanker dari Daun Kelor

Belum Dipasarkan: Kepala SMKN 1 Watunohu, Muh. Yadi, saat mengawasi langsung proses pembuatan obat yang diklaim bisa menyembuhkan penyakit kanker tersebut.

KENDARIPOS.CO.ID — Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kecamatan Watunohu Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), khususnya Jurusan Farmasi mengklaim berhasil menemukan obat kanker dari bahan daun-daunan. Salah satunya adalah daun kelor yang diolah dalam bentuk kapsul. Kepala SMKN 1 Watunohu, Muh. Yadi menuturkan jika obat kanker itu sudah melalui proses penelitian yang diuji menggunakan alat praktik yang tersedia di laboratorium sekolahnya. Kapsul yang dikemas sedemikian rupa tersebut dijual seharga Rp. 350 ribu. “Kita hanya jual melalui pesanan saja karena sejauh ini belum ada pengakuan dari BPOM Sultra,” ujarnya.

Yadi tidak menjelaskan detail bahan apa saja dalam kandungan obat tersebut, namun dirinya memastikan bahan bakunya berasal dari lingkungan sekitar. Jika ada permintaan baik dari masyarakat Kolut atau luar daerah, pihaknya akan memenuhipesanan tersebut tanpa menunggu waktu lama. Terkait pengakuan dari BPOM, lembaganya sebenarnya telah mengajukan proposal ajuan sejak 2015 silam. Namun hingga kini belum ada responn dari pihak terkait. Pihak BPOM berdalih sebagaimana dikemukakan Yadi harus mengantri karena banyaknya usulan dari pihak lain. “Janjinya akan turun cek. Ya, kami menunggu,” harapnya.

Dijelaskan bahwa bukan hanya obat kanker tersebut yang bisa dibuat siswanya, namun ada balsem anti iritasi maupun gatal-gatal yang juga dari bahan alam sekitar. Pihaknya terus berupaya membuat hal baru namun terkait obat kanker itu belum bisa dipasarkan secara luas karena terkendala label dari pihak BPOM itu yang belum direspon hingga kini. (rus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top