Pariwara
Politik

Panwas Dalami Dugaan Pungli di KPU Konsel

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kasus dugaan pungli di tubuh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe Selatan (Konsel) kini memasuki babak baru. Aduan masyarakat saat perekrutan anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2019 mulai didalami Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Konsel. Sejumlah saksi maupun terlapor (KPUD) Konsel telah dipanggil guna melakukan klarifikasi.

Komisioner Panwaslu Konsel, Awaluddin SH.I mengungkapkan laporan dugaan pungli di KPUD Konsel telah ditindaklanjuti. Untuk saat ini, pihaknya belum mengambil kesimpulan. Hingga kini, Panwas masih mengumpulkan bukti-bukti. “Kami sementara melakukan kajian. Sejumlah pihak yang dianggap tahu telah kami panggil untuk memberikan keterangan dalam klarifikasi, baik dari terlapor maupun pelapor,” ungkapnya selasa (13/3).

Pemeriksaan terhadap sejumlah saksi maupun terlapor lanjut koordinator devisi hukum Panwas Konsel ini, sudah berjalan dua hari. Hingga kini, sudah empat orang yang memberikan klarifikasi, masing-masing dari terlapor maupun pelapor. “Kami selaku Panwas diberi waktu lima hari untuk mengklarifikasi laporan masyarkat yang telah masuk di Panwas dan dilakukan registrasi sejak 12 maret Maret 2018 lalu itu,” ujarnya.

Laporan dugaan pungli kata dia, akan direkomendasikan pada instansi yang berwenang dalam hal ini pihak kepolisian. “Kalau berdasarkan fakta, bukti dan ada dugaan pungli . Maka kita akan melanjutkan dengan merekomendasikan ke DKPP,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga berkonsultasi dengan Gakumdu terkait aduan masyarakat tersebut. Jika bukti pelanggaran murni pidana, tak menuntup kemungkinan akan diarahkan ke ranah hukum. “Jika model pelanggarannya terkait undang-undang kepemiluan, maka akan di proses sesuai aturan yang berlaku pula,” tambahnya. (b/kam)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top