Pariwara
Ekonomi & Bisnis

OSL Pegadaian Syariah Tumbuh 60 Persen

Tawarkan Kemudahan: Selain mobil, pembelian kendaraan roda dua juga dilayani PT Pegadaian Syariah Cabang Wuawua. Foto: Lindri Merinda/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — PT. Pegadaian ternyata tak hanya melulu berbicara tentang gadai emas. Sebab cakupan Pegadaian, kini lebih luas. BUMN itu malah menyasar pembiayaan lain. Namanya pembiayaan amanah. Bahkan itu sudah ada sejak 2015 silam. Dimana pembiayaan tersebut, melayani pembelian mobil baru maupun mobil bekas (Mobkas).

Kacab PT. Pegadaian Syariah Cabang Wuawua, Achmas Indrasafri Syaman, mengatakan, pembiayaan amanah sudah ada sejak 2015 di PT. Pegadaian. Tujuannya, memberikan kemudahan bagi nasabah. Jadi, masyarakat yang ingin memiliki kendaraan, tapi terkendala dana, bisa melakukan pembelian via Pegadaian.

“Kami membiayai pembelian kendaraan baru dan bekas. Jadi kalau ada nasabah yang ingin beli mobil di showroom atau motor di dealer, yang bersangkutan tinggal pilih mana kendaraan yang dia mau. Misal nasabah mau beli kendaraan sama keluarganya bisa juga. Bahkan lebih bagus karena dia lebih tahu kondisi kendaraan yang akan dia beli. Karena keluarganya sendiri. Setelah deal, kami yang akan lunasi. Nanti setelah itu, nasabah yang mengangsur ke kami atau Pegadaian,” katanya, selasa (13/3).

Jumlah DP yang harus disetorkan itu besarnya antara 0,95 hingga 1 persen. Selama hampir tiga tahun melayani pembelian kredit kendaraan, PT. Pegadaian Syariah yelah mencatatkan hasil yang sangat memuaskan. Per posisi Februari 2018, sisa Out Standing Loan (OSL) atau sisa piutang Pegadaian Cabang Syariah di nasabah mencapai Rp. 2.868.000.000. Jumlah itu, kata dia, khusus OSL di Pegadaian Cabang Syariah. Untuk OSL di tahun 2017, mencapai Rp.1.921.000.000.

“Kita hitungan OSL, bukan pemberian pinjaman. Jadi OSL itu piutang Pegadaian yang ada di nasabah kami. Mereka mengangsur. Jadi posisi tahun 2017, OSL kami Rp.1.921.000.000, tahun ini di posisi Februari, itu sudah Rp.2.868.000.000. Tumbuh 60 persen dibanding tahun lalu,” jelasnya.

Melihat tingginya pertumbuhan OSL di bidang pembiayaan amanah, Achmas menargetkan untuk mencapai OSL hingga Rp.4.025.000.000 di tahun ini. Makanya, kata dia, pembiayaan amanah salah satu pembiayaan yang memberikan nilai lebih di tempatnya. Dia pun membuka ruang selebar-lebarnya pada masyarakat yang ingin merasakan keuntungan dari pembiayaan di PT. Pegadaian Syariah.

“Kami akan berikan pinjaman. Tapi ada DP yang harus dia setor di kami dulu sebagai DP awal. Motor 10 persen uang DP murni dan untuk mobil 20 persen. Kalau di Pegadaian Syariah namanya jasa Mu’nnah (jasa pemeliharaan). Marginnya setara 0,95 sampai 1 persen. Jasa pemeliharaan itu adalah hak kepemilikan surat-surat berharga. Itu yang disimpan di Pegadaian, yang disiapkan tempat. Itu namanya jasa pemeliharaan. Besarnya tergantung taksiran harga barangnya,” tandasnya. (Ind/b)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top