Pariwara
Wakatobi

Infrastruktur Masih Jadi Usulan Prioritas Musrenbang Wakatobi

MUSRENBANG : Pose bersama Sekab Wakatobi, Muh Ilya Abibu (keenam dari kiri) bersama pimpinan DPRD, kepala OPD dan camat usai Musrenbang di Kecamatan Tomia dan Tomia Timur.

KENDARIPOS.CO.ID — Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Kabupaten Wakatobi, mulai dilakukan. Pada empat kecamatan di Pulau Binongko dan Tomia, peningkatan infrastruktur masih mendominasi usulan masyarakat agar dipenuhi pemerintah. Usulan tersebut disampaikan di hadapan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Wakatobi, Muh. Ilyas Abibu dan jajarannya. Ada banyak permintaan dan beberapa yang dianggap paling prioritas.

Di Kecamatan Binongko misalnya, ada tujuh poin penting yang dipaparkan oleh Camat Binongko, Wa Hafida. Saat menyampaikan laporan hasil Pramusrenbang sebelumnya, Hafida mengusulkan program pengembangan ekonomi berbasis kemaritiman, sumber daya manusia, pengembangaan sosial, budaya, industri dan kreatif, pembangunan infrastruktur dasar hingga teknologi dan informasi serta lainnya.

Sementara itu Camat Tomia Timur, Muhammad Ramli, memaparkan infrastrruktur juga menjadi usulan yang dinilai prioritas dan penting. Namun, pihaknya mengapresiasi Pemkab Wakatobi dalam melaksanakan pembangunan berdasarkan pola pendekatan kepulauan. Hampir sama dengan Pulau Binongko, infrastruktur dasar yang diusulkan pada dua kecamatan ini yakni pembangunan jalan, air bersih, ruang kelas belajar (RKB), jembatan, tambatan perahu, peningkatan jalan penghubung hingga pembangunan talud serta jaringan komunikasi. Dari puluhan usulan ini, diharapkan bisa direalisasikan.

“Dalam kesempatan ini juga saya ingin sampaikan, pada tahun 2017 lalu, serapan anggaran di Kecamatan Tomia Timur baik kegiatan pemberdayaan, infrastruktur serta hal lainnya hampir capai Rp 1 triliun,” ungkapnya. Sementara itu, Sekab Wakatobi, Muh. Ilyas Abibu mengatakan tidak semua usulan tersebut bisa direalisasikan hingga tahap akhir. Namun, untuk infrastruktur dinilai masih menjadi prioritas yang akan dikawal agar bisa dikerjakan pada tahun 2019 mendatang.

“Seperti pembangunan pagar sekolah, itu mungkin belum bisa direalisasikan. Tapi kalau RKB dan jalan serta air bersih dapat menjadi prioritas,” katanya. Selain Pulau Binongko dan Tomia, Musrenbang kecamatan akan diselenggarakan di Pulau Kaledupa pada Rabu (14/3) hari ini dan dilanjutkan di Pulau Wangiwangi. (c/thy)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top