Pariwara
Kolaka Timur

Industri Pengolahan Padi Tambah PAD Koltim

PAD : Petugas DPM-PTSP Koltim saat melakukan kunjungan pada salah satu usaha pengolahan padi di wilayah tersebut. Pengurusan izin usaha pada bidang tersebut menambah pendapatan bagi daerah

KENDARIPOS.CO.ID — Salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kolaka Timur (Koltim) adalah pengurusan izin industri penggilingan padi. Saat ini industri pengolahan tersebut sudah lebih meningkat, karena dapat memproduksi hingga menjadi beras. Dari data DPM-PTSP Koltim, ada 20 unit pabrik sudah memiliki izin usaha. Enam diantaranya berskala besar. Kabid Wilayah 1 DPM-PTSP Koltim, Herawati, mengungkapkan, dalam mengurus izin, pihaknya selalu mempermudah para pengusaha, asal semua dokumen persyaratan telah dilengkapi sesuai petunjuk dari instansi teknis tersebut.

“Di Koltim banyak pabrik pengolahan padi baik skala modern maupun kecil. Kalau yang cukup besar ada di Kecamatan Ladongi, Tinondo dan Mowewe. Kalau skala kecil yang gilingan biasa dan mengunakan mesin kecil, hampir tersebar pada 12 kecamatan yang ada,” paparnya, Selasa (13/3).

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris DPMPTSP Koltim, Juardi Madjid, mengatakan, sesuai catatan yang sudah mengurus izin, ada sekitar 20 unit usaha bidang pengilingan padi atau industri padi dan telah disurvei dengan tim terpadu. “Tugas kami mendatangi mereka memberikan pemahaman agar segera mengurus izin. Sebab itu menjadi sumber bagi pendapatan asli daerah, sehingga dananya bisa digunakan untuk pembangunan daerah. Untuk itulah perkembangan industri tersebut harus didukung supaya terus maju dan berkembang,” timpalnya. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top