Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Harga Cabe Naik Lagi

Stok Terbatas: Penjual cabe pada salah satu pasar tradisional di Kota Kendari, beberapa waktu lalu. Foto: Dokumen Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Harga cabe di pasaran kembali melonjak. Intensitas hujan yang turun berada di atas normal (hampir setiap hari), membuat tanaman cabe, banyak yang membusuk. Akibatnya, berdampak pada tingginya harga cabe di pasar-pasar. Per tanggal 13 Maret 2018, harga cabe untuk tiga jenis yakni cabe rawit, keriting dan cabe besar, mengalami kenaikan. Perubahan harga tertinggi ada di cabe rawit, yakni hingga mencapai seribu rupiah.

Kabid Dalam Negeri Disperindag Sultra, Ir. Muhammad Ali MM, mengatakan, persoalan cabe memang selalu menjadi topik klasik di pasaran ketika hujan. Pasalnya, seiring turunnya hujan, harga cabe ikut naik.

“Ini sudah menjadi masalah lama dan terjadi terus menerus setiap kali musim hujan tiba. Cabe ini tanaman yang rentan pada air. Jadi kalau hujan turun, kulit cabe itu cepat membusuk. Makanya selalu ada kenaikan karena stok yang berkurang di pasaran,” katanya, saat ditemui di ruang kerjanya, selasa (13/3).

Ali menjelaskan, setiap hari harga cabai selalu naik. Kalaupun turun, itu tidak berlangsung lama.  Dia menyebutkan, harga 3 jenis cabe pertanggal 13 Maret 2018 yakni untuk cabe merah keriting Rp.33.000, cabe besar Rp.35.000 dan cabe rawit Rp.34.000. Di tanggal 12 Maret, harga cabe sedikit turun. Untuk cabe keriting Rp. 32.800, cabe besar Rp.34.800 dan cabe rawit Rp.33.000. Dilihat dari harga di atas, ada kenaikan untuk masing-masing jenis cabe. Untuk cabe keriting kenaikannya Rp.200, cabe besar Rp.200 dan cabe rawit, naik Rp.1000.  Menurut ali, kendati harga 3 jenis cabai selalu naik, tapi kenaikannya masih relatif normal.

“Kenaikan tertinggi terjadi pada harga cabe rawit. Naiknya sampai seribu rupiah per tanggal 13 Maret. Sehari sebelumnya hanya di harga Rp.33 ribu. Tapi kenaikannya ini kita anggap masih normal,” jelasnya.

Lagi-lagi Ali menyebut tak ada solusi yang bisa diperbuat. Sebab, cabe merupakan tanaman yang rentan terhadap air. Sehingga ketika musim penghujan, maka cabe akan rusak atau membusuk.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top