Pariwara
Konawe Utara

DPRD Konut Desak DPMD Gelar Pilkades

Rasmin Kamil

KENDARIPOS.CO.ID — Tarik ulur pemilihan kepala desa (Kades) di Konawe Utara (Konut) masih menjadi polemik. Pasalnya, sesuai jadwal, semestinya Pilkades sudah dilaksanakan pada bulan Maret. Kondisi ini membuat DPRD Konut geram dengan adanya penundaan Pilkades serentak. Makanya legislatif meminta agar pelaksanaan Pilkades tetap dijalankan maksimal awal April mendatang telah berlangsung.

Ketua Komisi I DPRD Konut, Rasmin Kamil, mengaku, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) memang mempertimbangkan pelaksanaan Pilkades karena adanya surat edaran dari pemerintah provinsi (Pemprov) karena adanya agenda pemilihan gubernur (Pilgub).
“Pertimbangan DPMD, melihat faktor keamanan. Tapi justru DPRD menganggap, dengan adanya penunjukan Plt Kades, bukan jaminan keamanan akan terjaga atau kondusif. Tapi fakta yang kita lihat dan jumpai, justru dengan ditunjuknya pelaksana kepala desa melahirkan polemik. Masalah itu akan membuka ruang untuk tidak terjaminnya keamanan. Sehingga kami tetap sepakati sesuai dengan undang-undang untuk menjalankan Pilkades serentak,” desak Ketua DPC PKB Konut itu, Selasa (13/3).

Dari sisi teknis, kata Rasmin Kamil, Pilkades serentak bila diundur usai Pilgub dikhawatirkan jangan sampai ada instruksi dari Kemendagri untuk menundanya lagi, karena akan ada Pilcaleg. “Nah ini yang paling dikhawatirkan. Makanya DPRD berpendapat agar Pilkades harus dilaksanakan minimal awal April sudah berlangsung. Pilkada nanti bulan Juni. Soal keamanan pasti kondusif, karena kita di Konut ini sudah kedua kali menggelar Pilkades semuanya berjalan lancar dan lancar,” jamin Rasmin Kamil.

Terkait desakan DPRD Konut, pihak DPMD belum berani memberikan kepastian kapan Pilkades serentak dilaksanakan. Semuanya masih akan dikonsultasikan pada Bupati Konut, Ruksamin. “Kita tinggal menunggu keputusan pimpinan, kapan akan dilaksanakan,” jawab Kabid Pemdes DPMD Konut, Nur Adnan Ariputra.

Berdasarkan kajian teknis DPMD, Pilkades serentak baru bisa dilaksanakan nanti Juli mendatang. Mengingat terdapat empat desa yang belum habis masa jabatannya. Apalagi Konut tinggal satu kali melangsungkan Pilkades serentak.

“Kita nanti 2021 baru akan ada lagi Pilkades serentak. Kendala kita juga masih ada empat Kades yang baru akan berakhir masa jabatannya November 2018. Bisa ditarik tapi kepala desa terpilih harus legowo nanti berakhir masa jabatannya habis, baru dilantik. Tapi semuanya tergantung pimpinan kepastian Pilkadesnya,” ujar Nur Adnan. Untuk jumlah desa yang akan menggelar Pilkades ada 47 dan tersebar pada setiap kecamatan. (c/min)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top