Pariwara
Bau-bau

Belanja Pegawai di Baubau Habiskan Rp 372,13 M

Amiruddin

KENDARIPOS.CO.ID — Salah satu pemanfaatan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) adalah untuk membayar gaji pegawai negeri sipil (PNS). Di Kota Baubau, dari total pagu anggaran APBD sebesar Rp 844.412.474.722 hampir setengahnya diporsikan untuk kebutuhan gaji pegawai. Jumlahnya mencapai Rp 372.132.029.864 atau 44,07 persen. Seluruhya disiapkan untuk mengakomodir kebutuhan gaji PNS, anggota dan unsur pimpinan DPRD serta kepala daerah.

“Total tersebut merupakan tahap perencanaan APBD awal yang kita ajukan saat pembahasan. Didalamnya juga sudah termasuk biaya tunjangan dan tambahan penghasilan serta insentif pemungutan pajak dan retribusi daerah,” kata Kepala Bidang (Kabid) Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan Aset dan Pendapatan Daerah (BPKAPD) Kota Baubau, Amiruddin saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (13/3).

Pemanfaatan APBD untuk biaya gaji pegawai tersebut, diakui cukup membebani daerah. Karena penggunaan APBD juga disiapkan untuk menunjang biaya kebutuhan lainnya. “Sebenarnya angka 44,07 persen itu sudah cukup memberatkan. Kita mulai warning. Sebab, masih ada kebutuhan lainya seperti biaya konsumsi (ketika ada kegiatan) dan biaya perjalanan dinas,” ungkapnya.

Soal nantinya akan ada penambahan PNS melalui seleksi, Amiruddin mengaku semua tergantung kebijakan pimpinan daerah. “Kalau dilakukan penerimaan PNS, maka akan ada tambahan gaji pegawai. Tetapi sebenarnya (gaji pegawai saat ini) sudah cukup membebani keuangan daerah,” ulangnya. Sebagai bawahan, pihaknya menyarankan pada pimpinan agar belanja pegawai tidak sampai melabihi angka 50 persen. Karena APBD juga digunakan untuk biaya pembangunan lainnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top