Pariwara
Wakatobi

6.572 KK di Wakatobi Terima Rastra

BANSOS : Pembagian Rastra secara simbolik yang dilakukan Kadis Sosial Wakatobi, Aslaman Sadik pada warga di Pulau Tomia.

KENDARIPOS.CO.ID — Beras untuk masyarakat sejahtera (Rastra) di Kabupaten Wakatobi, baru mulai disalurkan. Tahun ini ada 6.572 kepala keluarga (KK) yang mendapat jatah dari Kementerian Sosial. Penyaluran secara simbolik telah dilakukan Bupati Wakatobi, H Arhawi, pada 10 Maret lalu di Pulau Wangiwangi. Selasa (13/3), penyaluran beras secara gratis untuk masyarakat kurang mampu ini kembali dilakukan pada dua Kecamatan di Pulau Tomia yakni, Tomia dan Tomia Timur, masing-masing diwakili lurah dan kepala desa.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wakatobi, Aslaman Sadik, menuturkan, penyaluran Rastra untuk semua kecamatan diupayakan tuntas bulan ini. Rastra tersebut akan dinikmati anggota keluarga yang berjumlah lebih dari 32 ribu jiwa pada delapan kecamatan di Kabupaten Wakatobi. “Kalau dulu Raskin masih dibebankan pada penerima sebesar Rp 1.600 tiap kilogramnya. Sementara Rastra dibagikan secara gratis,” ungkapnya.

Selain itu, pendistribusian Rastra di Pulau Binongko akan dilakukan usai kegiatan Musrenbang pada tiga pulau. “Nanti selesai dulu kegiatan ini baru disalurkan ke Binongko. Begitu juga dengan Kaledupa,” tambah Aslaman Sadik. Rastra yang disalurkan pada ribuan masyarakat kurang mampu ini pada dasarnya akan didistribusikan setiap bulan. Namun, kondisi wilayah Wakatobi sebagai daerah kepulauan membuat penyalurannya akan dibagikan setiap tiga bulan sekali.

“Setiap KK menerima 10 kilogram untuk satu bulan. Tapi kita salurkan tiga bulan sekali jadi setiap kali disalurkan, warga menerima 30 kilogram,” tandasnya. Sementara itu Kasubdivre Bulog Baubau, La Rahibu, yang juga terlibat langsung dalam penyerahan Rastra di Tomia berharap agar beras ini bisa dimanfaatkan masyarakat yang memenuhi syarat untuk menerima. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top