Pariwara
Politik

420 Peserta Seleksi KPUD Kabupaten/Kota Kembalikan Berkas

Pendaftar Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota

KENDARIPOS.CO.ID — Masa pendaftaran calon anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di 15 kabupaten/kota telah berakhir. Sebanyak 420 calon di tiga zona resmi terdaftar sebagai calon. Zona II yang terdiri dari Kota Kendari, Muna, Bombana, Muna Barat (Mubar) dan Buton Utara (Butur) tercatat berjumlah 140 pendaftar disusul zona III 139 pendaftar dan zona I sebanyak 137 pendaftar.

Meski telah ditutup, khusus Konawe Kepulauan (Konkep) masa pendaftarannya akan diperpanjang. Pasalnya, jumlah pendaftar belum memenuhi kuota sesuai PKPU Nomor 7 tahun 2018. Untuk itulah, masa pendaftaran diperpanjang selama tujuh hari yakni mulai tanggal 13-19 Maret 2018.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah mengatakan telah menerima laporan jumlah pendaftar yang telah mengembalikan berkas. Pada zona satu yakni pendaftar anggota KPU Buton mencapai 36 orang, Buteng 31 orang, Busel 22 orang, Wakatobi 20 orang dan Kota Baubau 35 orang. Sedangkan, zona II Kota Kendari menjadi daerah paling banyak peminatnya yakni mencapai 47 orang, disusul Muna 31 orang, kemudian Bombana 22 orang, Mubar 19 orang dan Butur 18 orang.

“Untuk zona tiga belum final. Pasalnya, masa pendaftaran anggota Konkep diperpanjang karena belum memenuhi syarat,” ujar mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sultra ini selasa (13/3).

Ketua Timsel Anggota KPUD kabupaten/kota Zona Tiga, Muhammad Alim Marhadi mengatakan seleksi calon anggota di lima daerah yang menjadi domiannya bervariasi. Hingga penutupan, jumlah yang mendaftar sebanyak 139 peserta. Rinciannya, pendaftar anggota KPU untuk Konawe sebanyak 26 orang. Konawe Selatan (Konsel) paling banyak ada 43 pendaftar dan Konawe Utara (Konut) berjumlah 27 pendaftar.

“Untuk Konawe Kepulauan (Konkep) sebanyak 16 pendaftaran sedangkan Kolaka Utara (Kolut) sebanyak 27 pendaftar. Secara keselurahan ada lima kabupaten yakni Konawe, Konsel, Konut, Konkep dan Kolut,” kata saat dihubungi melalui telepon, selasa (13/3).

Dari lima kabupaten itu, hanya empat yang memenuhi syarat. Untuk Konkep kata dia, dianggap belum memenuhi kuota pendaftar sesuai PKPU Nomor 7 tahun 2018. bahwa jika tidak memenuhi 6x jumpah yang diperlukan atau 3 anggota KPU berjumlah 18 sedangkan Konkep 16 maka akan diperpanjang. “Maka kami menyampaikan khusus konkep diperpanjang pendaftaran 7 hari yakni dari 13-19 Maret,” jelasnya.

Dijelaskannya, para pendaftar tersebut akan dilakukan penelitian berkas administrasi. Baik empat kabupaten maupun kabupaten Konkep tetap berlangsung dan akan di plenokan pada 19-21 Maret 2018. “Jika lulus administrasi maka pada 26 Maret akan dilangsungkan tes CAT. Kemudian, tes psikologi, kesehatan dan tes wawancara oleh timsel,” ungkap Kepala Satgas Keamanan UHO ini. (b/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top