Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Sultra Pasar Potensial Citilink

Citilink

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun 2017 lalu, maskapai penerbangan Citilink telah ekspansi ke Sulawesi tenggara (Sultra). Selama setahun, ternyata market Sultra sangat potensial.

Vice President Corporate Communication Citilink Indonesia, Beny Butarbutar mengatakan, Sultra merupakan market yang menjanjikan bagi Citilink.

“Di Sultra, kita nilainya bagus. Bahkan, tingkat isian penumpang berkisar antara 80-85 persen. Jadi memang tidak tertutup kemungkinan untuk ditingkatkan frekuensi penerbangannya. Sekarnag sudah dua kali sehari, pagi sama sore tuh. Itu berarti menjadikan pasar Kendari, pasar yang cukup bagus di wilayah Timur,” katanya, saat dihubungi via Hand Phone, senin (12/3).

Dengan potensi tersebut, lanjut Benny, tidak tertutup kemungkinan bagi Citilink untuk membuka bahkan meningkatkan frekuensi ke kota lain. Bahkan, potensi untuk membuka rute Jakarta-Kendari dengan konektivitas daerah lain yang punya konektivitas dengan Sultra, sangat besar.

“Yang jelas peningkatan frekuensi itu, adalah bukti bahwa rute ini sangat menjanjikan dan punya prospek bagus di masa depan. Terlebih jika kita lihat pertumbuhan ekonominya,” jelasnya.

Menurut mantan Corporate secretary (Corsec) Maskapai Garuda itu, Citilink punya strategi untuk meningkatkan kunjungan penumpang ke maskapai yang baru saja mendapat predikat sebagai maskapai low cost carrier bintang 4. Katanya, dalam bulan tertentu, mekanisme promo ada. Untuk di level low season, tetap dilakukan promo menarik untuk mempertahankan isian penumpang.

Lebih penting lagi, kata dia, kemudahan yang diperoleh penumpang. Karena citilink sudah menciptakan citilink store. Dimana, maskapai itu sudah membidik pasar e-commerce ditandai dengan kerjasama dengan jd.id yang merupakan salah satu perusahaan online terbesar. Tujuannya, agar penumpang nasional dan internasional bisa belanja online di pesawat. Selain itu, kerjasama dengan pihak lain yang terus diperluas. Dimana tahun 2018 ini, management merencanakan untuk memiliki wifi gratis di setiap pesawat-pesawat Citilink dan itu akan segera direalisasikan.

Ia pun menjelaskan, selain Sultra, Citilink menargetkan merambah pasar ASEAN. Tahun 2018, lanjut dia, Citilink jauh lebih ekspansif ke regional diawali terbang ke Penang 25 Maret nanti. Bahkan maskapai yang terkenal sebagai maskapai low cost itu, berencana akan membuka rute ke Singapura dan Bangkok.

Menurutnya, dalam visibility study Citilink, penerbangan ke Singapura dan Bangkok dinilai cukup bagus. Untuk rute domestik, juga akan dibuka Jakarta-Palangkaraya. Sebab, selama ini Citilink hanya membuka penerbangan Surabaya-Palangkaraya. Dan itu sudah menjadi target untuk membuka penerbangan hingga ke negara-negara ASEAN. Tujuannya, kata Beni, lagi-lagi meningkatkan frekuensi dari rute penerbangan yang ada selama ini.

“Tahun ini kita menargetkan 15 juta jumlah penumpang, juga mendukung pemerintah pusat di bidang pariwisata. Karena hanya pariwisata-lah tumpuan cukup bagus. Karena 20 juta wisatawan itu kita dorong. Di samping pertimbangan bisnisnya, karena kalau go regional kita akan dapatkan dollar nggak hanya rupiah. Rute ASEAN untuk melengkapi rute Dili yang sudah kita punya duluan. Pertimbangan lain, konektivitas antar negara-negara ASEAN akan kita bangun, di samping melengkapi konektivitas yang sudah kita punya dari Timur dan barat dari Sabang ke Banda Aceh, Medan ke Pekanbaru, Yogyakarta ke Surabaya. Tinggal ke tengah lagi di Kalimantan, kita mau tingkatkan frekeunsi,” ujarnya.

“Kenapa buka penerbangan regional, karena kita baru saja dapatkan predikat maskapai low cost carrier (LCC) bintang 4. Makanya citilink mau tingkatkan layanan sebagai premium LCC,” tandasnya. (Ind/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top