Pariwara
Konawe Kepulauan

Siswa di Konkep Terlambat Disuruh Baca Alquran

SANKSI POSITIF : Kepala SMAN 1 Wawonii Barat, Rosida Asnal memantau aktivitas muridnya membaca Alquran karena terlambat masuk sekolah.

KENDARIPOS.CO.ID — Cara mendidik kedisiplinan siswanya dilakukan Kepala SMAN 1 Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Rosida Asnal, dengan cara positif. Rosida Asnal “menghukum” siswanya yang sering terlambat masuk sekolah dengan cara menghafal surat pendek Alquran dan membaca kitab suci. Setiap pagi, murid kelas X dan XI di sekolah tersebut yang sering terlambat di kumpulkan pada sebuah musala untuk membaca quran yang sudah disiapkan guru. “Kalau ada yang tidak tahu baca Alquran, kami suruh untuk baca iqra. Untuk kelas XII, hukumannya sudah salat jenazah. Mereka akan buat video untuk salat jenazah secara berkelompok. Tapi mereka membuatnya di luar sekolah,” tutur Kepala Sekolah SMAN 1 Wawonii Barat, Rosida Asnal, saat ditemui di ruang kerjanya.

Dia berharap, penerapan sanksi bagi muridnya yang terlambat saat pagi itu dapat meningkatkan moral, kejujuran siswa dan beretika pada guru. “Akhlaknya mereka sudah berubah. Sebelum ini diterapkan, ada murid yang ditegur, langsung melawan guru dengan mengepal tangannya. Tapi alhamdulillah hukuman baca quran bagi siswa yang terlambat sangat berpengaruh, dibanding disuruh pungut sampah,” tuturnya.

Ia juga sudah berkoordinasi ke pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Konkep, untuk merazia murid-muridnya yang bolos saat jam sekolah. “Kami juga sudah sampaikan kepada murid, jika ditemukan oleh Satpol PP saat jam belajar, akan dibawa ke Polsek.Nanti orang tuanya sendiri datang jemput,” tegas Rosida Asnal.(b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top