Pariwara
Metro Kendari

Pemda Wajib Upacara Bendera Setiap Senin

WAJIB UPACARA : Pj. Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi didampingi Plt. Wali kota Kendari Sulkarnain (kiri) memimpin upacara bendera, Senin (12/3) di Kantor Wali Kota Kendari. Pemerintah daerah diwajibkan untuk melaksanakan upacara setiap hari senin sebagai bentuk penghormatan kepada lambang negara. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi menginstruksikan seluruh pemerintah daerah baik Pemkot, Pemkab maupun Pemprov untuk menggelar upacara rutin setiap hari Senin. Menurutnya, upacara bendera bukan hanya kewajiban bagi pelajar di sekolah. Tetapi juga seluruh aparatur sipil negara sebagai bentuk penghormatan pada lambang negara, bendera merah putih.

Ketegasan itu disampaikan saat Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi menjadi inspektur upacara bendera di kantor Wali Kota Kendari Senin (12/3) pagi kemarin. “Selama ini upacaranya hanya hari-hari besar nasional saja. Saya akan instruksikan ke semua pemerintah kabupaten dan kota untuk wajib menggelar upacara bendera seperti ini,” ujar Teguh Setyabudi di hadapan peserta upacara.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri ini mengatakan jika upacara itu rutin digelar maka akan meningkatkan rasa nasionalisme dan mempercepat transfer informasi atau kebijakan dari pimpinan ke pegawai.

Teguh Setyabudi juga meminta seluruh jajaran Pemkot pemerintah kota Kendari mendukungnya dalam menjalankan tugas sebagai Penjabat Gubernur Sultra. Bagi Teguh Setyabudi, sinergi antara Pemkot dan Pemprov Sultra penting ditingkatkan mengingat Kota Kendari adalah ibu kota provinsi. “Kota Kendari ini sebagai etalase, beranda Sultra. Jadi benar-benar kita bangun bersama, makanya koordinasi itu perlu kita sambung terus,” ungkapnya.

Dua bulan menjalankan roda pemerintahan di Sultra, Teguh Setyabudi yakin Kota Kendari akan tumbuh sebagai kota maju dalam lima hingga 10 tahun ke depan. Begitu banyak potensi yang dimiliki utamanya di sektor barang dan jasa juga pariwisata.

Ditempat yang sama Plt. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan upacara bendera setiap Senin intens dilakukan jajarannya. “Kita memang sudah memberlakukan wajib upacara setiap Senin, makanya kami mengundang Pj. Gubernur dan alhamdulilah direspons. Justru semua daerah diperintahkan melakukan hal yang sama,” kata Sulkarnain.

Upacara bendera itu kata dia tidak mesti dipimpin oleh kepala daerah tapi sekretaris daerah atau asisten. “Kalau memang ada yang perlu ditekankan ke pegawai, maka dapat disampaikan melalui upacara itu,” tutup Sulkarnain. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top