Pariwara
Buton

Kopi Kaongkeongkea Topang Ekonomi Warga Buton

KENDARIPOS.CO.ID — Komoditas pertanian di Kabupaten Buton cukup melimpah. Salah satunya adalah tanaman kopi asli Buton yakni Kaongkeongkea. Rasanya yang nikmat menjadikan kopi asli tersebut dicari dan digemari pecintanya. Kopi Kaongkeongkea diklaim sebagai salah satu hasil pertanian yang diakui dunia. Plt Bupati Buton, La Bakry, mengatakan kopi khas Buton tersebut memiliki cita rasa tersendiri sehingga diakui dunia. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton berupaya agar kopi asli tanah aspal tersebut mendapat pengakuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Ditambahkannya, kopi asli Buton sudah dikenal terlebih dahulu oleh penikmat kopi mancanegara. “Ia sudah diakui, tapi kita akan berusaha agar kopi asli Buton mendapat hak kekayaan intelektual dari dunia,” kata La Bakry. Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Buton, Azizu, mengatakan, kopi Kaongkeongkea sudah didaftarkan ke Kemenkumham untuk mendapat hak kekayaan intelektual.

“Jadi kopi Kaongkeongkea kita upayakan mendapat pengakuan dan kita masukan sesuai kondisi geografis,” jelasnya. Wilayah Kabupaten Buton sebagai penghasil kopi ada enam desa yakni Kaongkeongkea, Wangu-wangu, Warinta, Lapodi, Wakuli dan Bukit Asri. “Empat desa di Kecamatan Pasarwajo dan dua di Kapuntori,” jelasnya. Sekarang pihaknya menyampaikan pada para petani agar menjaga kualitas hasil produksi kopi dengan memberikan bantuan dan pendampingan untuk menunjang kebutuhan selama pascapanen.

“Ini dilakukan agar kualitasnya tetap bagus dan harganya juga baik. Jika kualitasnya bagus otomatis harga di pasaran juga akan meningkat,” ujarnya. Pihaknya terus mengimbau petani kopi untuk memperhatikan pascapanen, meningkatkan hasil produksi serta melaporkan hasilnya. (b/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top