Pariwara
Politik

Estimasi Kotak Suara Pilgub Sultra Mencapai 4.922

Ilustrasi

KENDARIPOS.COL.ID — Jelang hari pencoblosan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra mulai mengestimasi kebutuhan kotak suara. Berdasarkan estimasi sementara, sebanyak 4.922 kotak suara yang dibutuhkan. Jumlah ini kemungkinan bertambah seiring penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah mengaku telah memperhitungkan estimasi kotak suara yang akan digunakan pada tanggal 27 Juni 2018. Yang mana, jumlahnya sama dengan tempat pemungutan suara (TPS). “Estimasi kita bahwa kotak suara untuk tingkat TPS yang masing-masing 1 buah tiap TPS tersebar di 4.922 TPS, jadi 4.922 kotak suara. Dan untuk angka TPS masih bisa berubah karena saat ini masih proses DPS (daftar pemilih sementara),” katanya saat ditemui di kantor KPU Sultra, senin (12/3).

Dijelaskannya, jumlah tersebut masih berpotensi akan berubah. Pasalnya, saat masih dalam proses rangkaian penetapan DPS ke DPT. “Pastinya (jumlah kotak suara n TPS) setelah kami KPU Provinsi Sultra selesai menetapkan DPS pada 17 Maret 2018 nanti,” jelasnya.

Selain itu, mantan Ketua KNPI Sultra mengatakan telah mengestimasi kebutuhan bilik suara. Katanya, pihak sudah melakukan kalkulasinya. “Jadi, untuk estimasi bilik suara paling banyak 3 buah per TPS dan paling sedikit 2 buah per TPS. Hal ini juga masih akan dihitung pasti setelah penetapan DPS oleh KPU Provinsi Sultra,” ungkapnya.

Unntuk saat ini kata dia, penyelenggara tengah memproses pleno Daftar Pemilih Hasil Pencocokan dan Pemenelitian (DPHP) di tingkat bawah. Melihat proses Pilgub yang akan dilaksanakan Juni, maka berpotensi pemilih akan bertambah. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top