Pariwara
Metro Kendari

Bahas Program Prioritas, Hadapi Pilkada Serentak, Pj Gubernur Sultra Kumpul Kepala Daerah

Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi (tengah) mengundang bupati/wali kota se-Sultra untuk rapat koordinasi di kantor Gubernur Sultra, Senin (12/3). Usai pertemuan, sempatkan foto bersama.

KENDARIPOS.CO.ID — Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi menggelar rapat koordinasi dengan seluruh kepala daerah (bupati/wali kota) se-Sultra, Seni (12/3) sore. Banyak hal dibicarakan dalam pertemuan yang dilakukan di ruang rapat kantor Gubernur Sultra tersebut. Mulai terkait program strategis daerah hingga komitmen bersama untuk menyukseskan pilkada serentak. Hadir dalam pertemuan hampir seluruh kepala daerah. Mereka adalah Plt Wali Kota Baubau Hado Hasina, Bupati Koltim Tony Herbiansyah, Bupati Konsel Surunuddin Dangga, Bupati Mubar LM Rajiun Tumada, Bupati Konkep Amrullah, Bupati Butur Abu Hasan, Bupati Busel Muh Faisal, Bupati Konut Ruksamin, Bupati Buton La Bakry, Bupati Kolut Nur Rahman, Plt Bupati Konawe Parinringi dan lainnya.

Teguh mengharapkan, semua kepala daerah bisa sinergi dalam membangun daerah. Termasuk koordinasi dengan pemerintah provinsi (pemprov), juga harus terus ditingkatkan. “Kalau daerah mau cepat maju, maka sinergi dibutuhkan,” ujar Teguh Setyabudi. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri ini juga mengingatkan tentang tata kelola pemerintahan yang baik. Menurutnya, pemerintahan akan berjalan baik dan optimal kalau kepala daerahnya memberikan contoh yang baik. “Kalau pimpinannya bagus, anak buah juga pasti kerjanya optimal. Hal seperti ini yang saya harapkan untuk dilakukan,” katanya.

Dia menambahkan, APBD yang telah berjalan harus dikawal dan diimplementasinya secara optimal. Semua program prioritas mesti dikerjakan sesuai tahapannya. Ini penting sebagai fondasi dasar pembangunan dan pemerintahan yang baik. “Sehingga, ketika terpilih gubernur atau kepala daerah definitif, maka tinggal melanjutkan saja program yang sudah dicanangkan. Tugas saya yang paling utama sekarang adalah memastikan roda pemerintahan berjalan dengan baik,” ucapnya.

Lebih jauh Teguh menjelaskan, menyambut momen pilkada serentak, semua kepala daerah harus punya komitmen sama untuk menyukseskannya. Tak hanya mendukung pendanaan dan menciptakan kondusivitas daerah, tapi juga harus memastikan aparatur sipil negara (ASN) tetap netral. “Sejak jauh hari, saya sudah tegaskan netral di pilgub. Mari kita kawal pesta demokrasi ini supaya berjalan lancar dan kondusif. Mudah-mudahan jangan ada pemungutan suara ulang (PSU) lagi,” harapnya.

Dalam pertemuan itu, banyak bupati yang menyampaikan masalah-masalah di daerahnya. Mulai soal infrastruktur, perusahaan tambang hingga sektor lainnya. Teguh langsung merespon dengan meminta semua permasalahan di daerah dibagi per item (sesuai sektornya), setelah itu nanti akan dicarikan solusinya bersama. “Itulah pentingnya sinergitas. Masalah apapun bisa diselesaikan bersama,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Infokom) Sultra, Kusnadi mengatakan, pertemuan itu sengaja diinsiasi untuk membangun komunikasi antar kepala daerah, baik bupati dengan bupati, wali kota dengan bupati, maupun bupati/wali kota dengan gubernur. “Yang paling ditekankan soal sinergitas. Harus ada dukungan dari kepala daerah baik wali kota maupun bupati terkait tata kelola pemerintahan,” imbuhnya. (b/ely/ing)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top