Pariwara
Bombana

Sanksi Perda Ternak di Bombana Belum Beri Efek Jera

H. Alimin

KENDARIPOS.CO.ID — Peraturan daerah (Perda) Kabupaten Bombana nomor 4 tahun 2017 tentang penertiban ternak liar, harus dilakukan evaluasi. Pasalnya sanksi yang diberikan pada pemilik yang ternaknya masih berkeliaran masih sangat rendah yakni Rp 500 ribu. Nominal tersebut diklaim masih sangat rendah dan tak dapat memberikan efek jera. Hal tersebut disampaikan langsung Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP), H. Alimin saat ditemui di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

Setelah mulai disosialisasikan awal Januari 2018 dan diberlakukan awal Februari Perda tersebut masih perlu dilakukan evaluasi. “Dilihat dari efek, salah satu yang dievaluasi adalah masalah denda karena tidak memberi efek jera,” paparnya. Dari awal Februari, Perda tersebut diberlakukan pihaknya telah mengamankan kurang lebih belasan sapi milik warga yang tidak tertib. Dalam bertugas, Satpol PP memang belum menerapkan denda administrasi. “Kami hanya mengamankan Sapi tersebut dan menyerahkan kepada pemerintah kelurahan atau desa di lokasi penindakan. Saya sudah sampaikan pada anggota, jangan pungut uang sepeserpun untuk menghindari adanya praktik Pungli,” tegasnya.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemkab Bombana itu menjelaskan sanksi pada pemilik sapi yang tidak tertib itu adalah, penangkapan Rp 250 ribu, penebusan ternak Rp 500 ribu dan biaya administrasi sebesar Rp 10 ribu. “Kalau sapinya bermalam satu malam di panitia kelurahan atau desa ada biaya Rp 100 ribu untuk uang makan ternak. Biaya administrasi itu masih menuai protes dari pihak panitia kelurahan atau desa, soalnya mereka yang menampung mengeluh karena tak diuntungkan. Tak ada honor atau semacamnya,” tutupnya. (c/kmr)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top