Pariwara
Kolaka Utara

Dinsos Kolut Dorong Program Keserasian dan Kearifan Lokal

BUDAYA DAERAH : Dinsos akan meningkatkan perhatian pada potensi kearifan lokal melalui sanggar-sanggar budaya. Keberadaan sanggar tersebut akan didukung melalui bantuan dari pusat.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebuah program untuk mendorong keserasian sosial serta kearifan lokal digagas Dinas Sosial (Dinsos) Kolaka Utara (Kolut). Instansi tersebut telah merekomendasikan dua sanggar ke pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan dana anggaran pendapatan belanja negara (APBN) tahun ini. Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial Dinsos Kolut Munawar Halil, menjelaskan, program keserasian itu merupakan label bagi daerah yang dikenal dengan wilayah rawan bencana alam agar mendapat perhatian bantuan pemerintah pusat.

Sedangkan kearifan lokal itu lebih kepada penguatan nilai-nilai budaya khusus di Kolut. Untuk sementara menyangkut kearifan lokal itu baru menemukan dua sanggar yang terjaring di instansinya untuk direkomendasikan ke pusat agar mendapat bantuan pembinaan. “Kalau bisa sebanyak-banyaknya karena kami sementara mencari-cari budaya-budaya apa saja yang ada dan berkembang. Baru dua kami usul proposalnya dan Insyaallah menunggu janji pemerintah pusat. Juni mendatang hasilnya,” beber Munawar.

Menyangkut salah satu kegiatan perlindungan sosial dan korban bencana alam yakni penguatan akses kearifan lokal daerah. Sasarannya tentu menjaga dan memperkuat nilai-nilai pranata sosial dalam kehidupan masyarakat. Hal itu dapat diukur berupa indikator yang jelas melalui penajaman prioritas sasaran personel, kemampuan dan keterampilan yang dapat menjadi bagian maupun strategis dari pembangunan sosial. (c/rus)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top