Pariwara
Konawe Kepulauan

Rp 15 M untuk Program Penyediaan Air Bersih di Konkep

Air bersih : Jaringan air bersih di Desa Lanowatu yang dibangun pada tahun 2017 lalu. Pemkab Konkep terus memaksimalkan penyediaan air bersih bagi warganya.

KENDARIPOS.CO.ID — Bukan perkara mudah bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) untuk membangun daerahnya agar setara dengan wilayah lain di Sulawesi Tenggara (Sultra). Apa lagi usia daerah itu baru lima tahun, setelah mekar dari Kabupaten Konawe pada 2013 lalu. Di bawah kepemimpinan Bupati Konkep, H. Amrullah dan Wakilnya, Andi Muhamad Lutfi terus berupa menyediakan fasilitas publik bagi warganya. Salah satu program tersebut adalah pemenuhan kebutuhan air bersih. Tahun ini, anggaran Rp 7 miliar dialokasikan untuk menuntaskan persoalan air bersih. Anggaran tersebut sama dengan jumlah anggaran 2017 lalu. Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Israwan Sulpa, WRD, mengatakan, jaringan air bersih yang diplot 2017 lalu sudah tuntas dikerjakan. Sebanyak dua bak penampungan air bersih yang dibangun di Desa Bukit Permai dan Lanowatu bisa memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

“Sudah sekitar Rp 15 miliar kita siapkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Tahun lalu Rp 7 miliar lebih. Tahun ini juga kami anggarkan kembali Rp 7 miliar lebih. Insyaallah, tahun 2019 nanti kebutuhan air bersih sudah bisa dinikmati masyarakat,” kata Israwan Sulpa saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (9/3). Menurutnya, Anggaran yang diplot tahun ini untuk memperbaiki jaringan air bersih yang masih menjadi aset Pemkab Konawe.

Pasalnya, banyak jaringan pipa lama yang akan dibenahi. “Saat ini kebutuhan air bersih baru sampai pada Rujab Bupati Konkep di Desa Lantula, Wawonii Barat. Karena anggaran kami di 2017 baru sampai di situ saja. Dengan besaran pipa induk 6 inci dan debit air 600 liter per detik,” tuturnya. Dia menambahkan, anggaran air bersih tahun ini dialokasikan untuk menuntaskan jaringan Wawobili, Langara Bajo dan RSUD Konkep yang baru. (c/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top