Pariwara
Bau-bau

Juni Terminal Lakologou di Baubau Ditarget Tuntas

Terminal : Pj Wali Kota Baubau, Hado Hasina (kanan), memberikan penjelasan rencana penataan lalu lintas dalam dan luar kota, termasuk pembangunan terminal di Kelurahan Lakologou pada Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi (tengah).

KENDARIPOS.CO.ID — Manajemen simpul transportasi darat di Kota Baubau memang belum sepenuhnya tertata baik. Operasional kendaraan khususnya roda empat baik dari dalam maupun yang luar Kota Baubau dinilai masih buruk. Belum ada pengaturan jalur khusus yang harus dilalui sekaligus terminal akhir untuk turun naik penumpang dari luar kota. Hal itu dikatakan langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Hado Hasina.

“Yang kurang di Baubau adalah penataan simpul atau terminal. Belum ada terminal khusus yang menampung mobil luar kota. Sehingga, banyak kendaraan luar kota dengan bebas menurunkan penumpang sesuka hati,” kata Hado Hasina.

Makanya saat ini, pihaknya mengupayakan untuk pembangunan satu terminal yang khusus menampung seluruh kendaraan roda empat dari luar kota. Pengerjaannya sementara dilakukan dan diupayakan tuntas sebelum akhir Juni 2018. “Ada satu terminal yang khusus untuk persinggahan mobil-mobil luar kota. Saat ini sementara kita bangun di Kelurahan Lakologou. Insyaallah, Juni nanti kita sudah bisa resmikan dan berfungsi maksimal,” ucapnya.

Seluruh mobil yang dari luar kota nantinya hanya masuk di Terminal Lakologou. Jalur dibagian Tirta Rimba di belakang Kelurahan Waruruma yang selama ini putus, telah disambung untuk dilalui kendaraan. Sehingga, setiap mobil yang menuju ke utara pasti terlebih dulu singgah di terminal. Dengan begitu, lanjut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sultra itu, keluar masuk kendaraan dari luar kota bisa tertata dengan baik. Begitu pula dengan turun naik penumpang.

“Jadi setiap kendaraan yang dari luar kota tidak boleh lagi sembarangan kasih turun penumpang di bawah pohon. Semua harus dilakukan di terminal. Dari Lakologou nanti dibuat lagi terminal di Palagimata dan Wameo. Jadi semuanya terarah. Sekali lagi, kendaraan yang dari luar kota tak boleh masuk atau melintas dalam jalur kota,” pungkasnya. (b/ahi)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top