Space Iklan
Pariwara
Buton Tengah

Auditor BPK Periksa Laporan Keuangan, Kadis di Buteng Dilarang Keluar Daerah

Wabup Buteng, La Ntau

KENDARIPOS.CO.ID — Wakil Bupati (Wabup) Buton Tengah (Buteng), La Ntau, meminta kepada seluruh kepala dinas jangan ada yang keluar daerah untuk sementara waktu. Hal ini demi memaksimalkan auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra), yang mulai melakukan pemeriksaan pendahuluan. Utamanya terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2017.

“Mereka bisa keluar daerah jika ada hal sangat penting dan sifatnya tidak bisa diwakili, tapi itupun harus diketahui oleh pimpinan. Kami juga mengharapkan semua Kadis, bendahara keuangan, bendahara pengeluaran dan barang untuk membantu BPK dengan memberikan data akurat sehingga pemeriksaan berjalan baik,” ungkapnya, Minggu (11/3/2018). La Ntau menuturkan, jika ada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang mengabaikan perintah tersebut, maka akan menjadi catatan. Artinya, akan menjadi bahan evaluasi ke depan, utamanya terkait loyalitas terhadap pimpinan. Olehnya itu, Wabup meminta semua pimpinan SKPD membantu suksesnya proses pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK.

“Kami juga minta kepada tim pemeriksa dari BPK agar melaporkan jika ada Kadis dan bendahara yang tidak hadir. Kami akan mencari tahu alasannya, apalagi sudah kita peringatkan agar membantu proses pemeriksaan yang berlangsung kurang lebih 27 hari ini. Kalau perlu kita beri sanksi, karena dianggap tidak loyal terhadap pimpinannya,” tegasnya.

Ketua Tim Pemeriksa dari BPK RI Perwakilan Sultra, Ida Bagus Agung Sriwastita, menyampaikan, kepada bendahara keuangan dan barang agar menyiapkan semua laporannya. Kalau untuk aset, pihaknya akan turun langsung ke lapangan, terutama di SKPD seperti dinas kesehatan dan rumah sakit.

Tim pemeriksa yang berjumlah empat orang itu kata dia, akan mulai melakukan pemeriksaan. Selain itu, pihaknya juga siap membantu memperbaiki laporan jika ada yang keliru dan siap membantu menunjukan solusi agar pemerintah meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) kedepannya. “Kami hanya sekadar memberikan petunjuk atau jalan, bahwa begini yang harus diperbaiki kalau kedepannya bisa meraih WTP. Oleh karena itu, kami berharap semua SKPD Buteng dapat bekerja sama dengan baik, sehingga pemeriksaan ini berjalan lancar,” tutupnya. (b/myu)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top