Pariwara
Konawe

17 Desa di Konawe Dievaluasi

Eko Sudarsono

KENDARIPOS.CO.ID — Evaluasi terhadap keberadaan 17 desa definitif di Konawe akan dilakukan pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Pasalnya, hingga kini beberapa desa tersebut belum tersentuh alokasi dana desa (ADD) dari APBD dan dana desa (DD) melalui APBN. Sekretaris Komisi I DPRD Konawe, Eko Sudarsono, menuturkan, akan melihat dan meninjau data 17 desa itu. “Struktur komisi I sekarang masih baru dan kami belum melihat data tentang desa-desa yang dimaksud. Kita juga belum tahu apa yang dilakukan oleh Komisi I yang lalu terkait pemekaran 17 desa itu. Apakah sudah diperdakan atau belum,” terangnya, Jumat (9/3).

Menurut legislator PKS itu, meskipun persoalan tersebut sudah menjadi bahan perbincangan di luar, namun hingga detik ini belum ada laporan dari perangkat desa terkait hak mereka untuk menerima ADD dan DD. “Ya, ketika ini sudah seperti ini, kita akan lakukan evaluasi desa-desa tersebut, namun lebih bagus kalau ada aduan agar mempermudah koordinasi kami,” jelasnya.

Eko Sudarsono mengaku akan memanggil pihak terkait seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DMD) dan Asisten I Sekretariat Kabupaten hingga Bagian Pemerintahan untuk rapat bersama. Apabila dalam evaluasi diketahui bahwa pemekaran 17 desa tersebut tidak sesuai aturan, maka status definitif akan dicabut. Misalnya, bila ada desa yang belum memiliki Perda, maka bisa saja dikembalikan ke induknya.

Untuk diketahui, sebuah desa dapat dikatakan definitif bila sudah memiliki Perda. Selain itu, pemekaran desa dapat dilakukan hanya jika jumlah kepala keluarga (KK) di wilayah tersebut telah mencapai minimal 400 KK atau 2.000 ribu jiwa. Faktanya, jumlah KK pada 17 desa yang dimekarkan rata-rata berada di bawah 100 KK. (c/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top