Pariwara
Kolaka Utara

Jalan Trans Sulawesi Kolut Longsor Lagi

L
ongsor : Kondisi jalan Trans Sulawesi di Dusun Balimbing Desa Rante Limbong, Kolaka Utara yang mengalami kerusakan akbiat longsoran tanah.

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam sepekan ini hujan deras disertai angin kencang memicu bencana di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Selain pohon bertumbangan, tanggul jalan Trans Sulawesi di Dusun Balimbing Desa Rante Limbong juga longsor. AKibatnya, separuh badan jalan kini dipasangi garis polisi. Jebolnya sisi jalan di dusun tersebut karena tak ada pohon penyangga untuk menahan tanah yang mulai labil tergerus air hujan. Peristiwa itu terjadi pukul 03.20 Wita, Jumat (9/3). Kurang lebih 10 meter badan jalan mengalami retak. Belum ada upaya penimbunan atau perbaikan lainnya.

Sisi badan jalan ini tak hanya jebol di Dusun Balimbing namun juga terdapat pada dua titik ketika akan memasuki perkambungan Desa Lambai dari arah Lasusua. Hal itu sudah berlangsung lama namun belum ada penanganan hingga saat ini terkecuali petugas Satlantas yang berulang kali memasang tanda “hati-hati”. Longsor juga menutupi jalan utama di Dusun III Desa Loka yang menghubungkan dengan Leleulu, Kecamatan Tolala. Warga desa tersebut bersama Bhabinkamtibmas bergotong royong memindahkan material longsor yang sebelumnya tidak bisa dilalui kendaraan.

Mereka bergotong royong tanpa bantuan alat berat. Meski demikian mereka berhasil membersihkan tumpukan tanah longsoran setinggi kurang lebih tiga meter yang menutup badan jalan tersebut. Kepala BPBD Kolut, Hardi, yang dikonfirmasi, mengaku baru menerima dua laporan secara lisan terkait dua unit rumah warga yang tertimpa pohon tumbang di wilayah kompleks Pasar Lama. Akibatnya, tiang listrik di sekitar tugu Kerbau Lasusua juga menjadi rusak dan sempat membuat jaringan listrik padam dan memacetkan kendaraan. “Kalau longsor di Rante Limbong sudah kami koordinasikan ke pihak PU karena itu jalan negara. Penanganannya oleh pihak provinsi,” pungkasnya. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top