Pariwara
Konawe Selatan

Dana Desa Buat Daerah Konsel Maju

Dr. H. Arsalim Arifin

KENDARIPOS.CO.ID — Penyaluran alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD) yang secara rutin digelontorkan pada masing-masing daerah khususnya di Konawe Selatan (Konsel) dinilai cukup berperan dalam memajukan wilayah. Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Konsel, Dr. H. Arsalim Arifin. Ia mengungkapkan, untuk mengefisienkan dana desa maka ada beberapa cara yang ditempuh pemerintah. Yakni dengan mengoptimalkan pemanfaatan dana sesuai kebutuhan dan potensi desa.

“Artinya dana desa seharusnya lebih fokus untuk mendorong pembangunan ekonomi di desa. Selain itu Pemkab menyinergikan dana desa dari APBD kabupaten dan provinsi hingga APBN. Agar terjadi optimalisasi dan efisiensi pemanfaatannya,” papar Konsel-2 tersebut. Dengan begitu, capaian RPJMD Kabupaten dan RPJMDes terukur dan tepat sasaran sesuai indikator kinerja utama pembangunan Konsel.

Disisi lain, menurut ketua KONI Konsel ini Pemkab memperketat pengawasan dan review terhadap pelaksanaan dana desa melalui inspektorat. “Sehingga penyalahgunaan dana desa bisa dieliminir. Saat ini persentase penyalahgunaan dana desa oleh Kades di Konsel, sangat kecil. Artinya ini menunjukan bahwa pengelolaan dana tersebut sudah hampir optimal,” klaimnya.

Ke depan, pihaknya berharap akan disinergikan pembangunan dan APBD desa. “Kita harapkan dana desa ini selalu mendorong terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat,” pungkasnya. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top