Space Iklan
Pariwara
Buton

16 Ribu Warga Buton Belum Miliki KTP-el

KENDARIPOS.CO.ID — Hingga kini puluhan ribu penduduk Kabupaten Buton belum memiliki KTP elektronik (KTP-el). Kendalanya berbeda-beda, mulai dari perpindahan penduduk yang tidak dilaporkan, dari status belum kawin menjadi kawin, sudah meninggal dunia, hingga karena alasan usia dan difabel. “Yang paling banyak dari status belum kawin jadi kawin itu ratusan bahkan hampir sampai ribuan,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buton, Muhammad Amin.

Dia merinci, jumlah penduduk Kabupaten Buton sebanyak 115.876 jiwa. Sementara jumlah wajib KTP-el mencapai 77.289 orang. Meski demikian, yang baru melakukan perekaman sebanyak 60.929 orang dan belum terdata mencapai 16.360 orang. “16 ribu lebih penduduk Buton tersebut belum memiliki KTP-el karena belum melakukan perekaman,” jelasnya. Amin menambahkan sebanyak 60 ribu lebih yang sudah melakukan perekaman tersebut pekan depan sudah bisa mengambil kepingan KTP-el, blangkonya sudah tersedia di kantor Disdukcapil.

“Blangko KTP-el pekan depan sudah tersedia di kantor, sekarang saya sementara di Jakarta untuk mengambil stoknya,” ungkapnya. Untuk diketahui, dari Agustus 2017 sampai awal Februari 2018 lalu, pihaknya mendapatkan blanko KTP-el dari pemerintah pusat hingga enam ribu keping. Namun stok itu tidak mencukupi sehingga pihaknya menerbitkan surat keterangan (Suket). Meskipun pihaknya sudah beberapa kali melakukan sosialisasi dan turun langsung di masyarakat, namun diakuinya, kesadaran masyarakat untuk memiliki KTP-el, masih kurang.

Amin mengimbau masyarakat utamanya bagi yang belum memiliki KTP agar segera melakukan perekaman, sebelum ada kepentingan lain yang mendesak. “Sebagian blangko yang ada itu kita ganti, khususnya bagi yang rusak, salah nama, dari status belum kawin jadi kawin, ada juga yang alamatnya pindah, dan lain-lainnya,” tandasnya. (c/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top