Pariwara
Bombana

Kondisi Kantor KPU Bombana Memprihatinkan

KAMARUDDIN/KENDARI POS
INFRASTRUKTUR : Kondisi kantor KPU Bombana yang mulai mengalami kerusakan pada sejumlah titik bangunan. Tahun ini Pemkab Bombana membantu dana untuk rehabilitasi.

KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi bangunan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bombana sangat memprihatinkan dan membuat aktivitas penyelengara pemilihan umum (Pemilu) tersebut menjadi terganggu, khususnya saat musim penghujan. Pasalnya dengan kondisi konstruksi bangunan yang berusia lebih dari 10 tahun tersebut membuat sebagian gedung telah retak, bahkan dimusim hujan saat ini atapnya bocor hingga pada beberapa ruangan komisioner KPU.

Kondisi gedung yang memprihatinkan tersebut dikeluhkan Komisioner KPU Bombana, Andi Usman. “Kami memaksimalkan saja karena hanya ini gedung kita. Harapan kami ini bisa menjadi perhatian pemerintah pusat. Kerja KPU itu sangat padat apalagi mendekati Pilkada, kadang sampai jauh malam di sini. Dengan kondisi gedung seperti ini sebetulnya kami tidak begitu nyaman,” akunya, kamis (8/3).

Menurut Koordinator Divisi Hukum KPU Bombana itu, ketika hujan turun seperti saat ini, atap gedung tersebut sudah mulai keropos hingga air dapat masuk ke ruangan. “Kalau hujan kita siap-siapkan ember untuk tadah air dan sering dokumen-dokumen penting basah. Yang jadi masalah, bagaimana nanti KPU menyimpan logistik Pemilu. Kalau basah harus diganti lagi,” paparnya.

Andi Usman mengaku, ia bersama seluruh jajaran KPU Bombana telah mengajukan permintaan pembangunan kantor baru ke KPU RI. Namun pengajuan tersebut belum mendapat respon karena alasan adanya moratorium pengadaan bangunan dan kendaraan. “Setiap tahun kami anggarakan, tapi tidak pernah disetujui. Memang ada anggaran pemeliharaan tiap tahun tapi hanya berapa saja, tidak bisa memperbaiki gedung yang sudah terlanjut rusak ini,” sambungnya.

Tahun 2018 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana memberikan bantuan rehabilitasi gedung kantor KPU sebesar Rp 200 juta dengan menggunakan APBD. “Allhamdulillah kami berterima kasih kepada Pemkab untuk memberikan biaya rehab, meskipun bantuan tersebut tidak akan maksimal, karena kondisi gedung yang sudah sangat parah. Namun sekali lagi kami sangat mengapresiasi bantuan dari Pemkab, yang dalam waktu dekat akan dikerjakan. Kami akan lihat item-item apa saja yang dikerja dan menjadi prioritas agar anggaran dapat dimaksimalkan,” tandas Andi Usman. (c/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top