Pariwara
Edukasi

Kemendikbud Kirim Guru SMK ke Belanda

Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad (kedua dari kanan) saat MoU dengan pihak Belanda.

KENDARIPOS.CO.ID — Dua Sekolah Menengah Khusus (SMK) yaitu SMKN 2 Subang Jawa Barat dan SMKN 2 Jember Jawa Timur menjadi percontohan untuk pengembangan bidang pertanian. Dalam pengembangan SMK bidang pertanian ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng Belanda.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Hamid Muhammad mengungkapkan, kedua sekolah tersebut akan direvitalisasi selama tiga tahun. Hasil percontohannya nanti akan direplikasi kepada SMK bidang pertanian lainnya di Indonesia. “Kenapa kami hanya pilih dua SMK, karena biar fokus dan harus jadi,” ujar Dirjen Hamid saat penandatanganan kerja sama dengan Belanda di Jakarta, Kamis (8/3).

Nantinya, dalam revitalisasi ini tidak hanya siswa yang diberi pelatihan, tapi juga guru. Guru-guru SMK ini akan dikirim ke Belanda untuk pelatihan. Lebih jauh dikatakan Hamid, ada empat kegiatan utama yang akan dilakukan Kemendikbud dan Belanda.

Pertama, penguatan kerja sama antara lembaga pemerintah, sekolah, dan industri melalui program kerja bersama serta pengembangan teaching factory. Kedua, pengembangan kurikulum, modul pembelajaran, dan standar kompetensi yang selaras dengan industri. Ketiga, pelatihan untuk guru dan tenaga kependidikan di industri dan Belanda. Keempat, pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur SMK meliputi laboratorium serta teaching factory. (jpnn)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top