Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Emas Pegadaian Rp. 544 Ribu per Gram

Pemilik Toko Emas Riau, Rafi, saat merapikan sejumlah perhiasan emas yang dijajakan di Mall Mandonga, kamis (8/3). Foto: Lindri Merinda/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar, biasanya berimbas pada harga emas di pasaran. Di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Kendari, harga emas berada di angka Rp. 544 per gram. Harga yang ditetapkan itu untuk standar pemberian kredit bagi nasabah yang menggadai emasnya. Adapun nasabah yang ingin kredit emas, Pegadaian menaksir harga hingga Rp.521.300 per gram untuk emas 23 karat dan Rp. 362.600 per gram untuk emas 22 karat.

Pimpinan Cabang PT. Pegadaian (Persero) Cabang Kendari, Mustamin Takwin mengatakan, kendati rupiah melemah, tapi PT. Pegadaian Cabang Kendari justru memberikan harga yang tinggi pada nasabah yang menggadai emasnya di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

“Kami di Pegadaian, harga yang kami berikan pada nasabah kami justru mengalami peningkatan nilai. Berbanding terbalik dengan nilai rupiah yang melemah. Kami di Pegadaian, emas per Januari hingga Maret, malah naik. Untuk patokan uang pinjaman pergramnya Rp. 544 ribu,” katanya, saat ditemui di ruang kerjanya, kamis (8/3).

Menurut Mustamin, harga emas di Pegadaian hingga 6 kali kenaikannya dibanding periode sebelumnya. Kenaikan harga emas tersebut, kata dia, terjadi sangat signifikan sejak dollar menguat di pasaran.

“Beberapa hari ini, harga emas naiknya sangat signifikan. Di kami itu, STL atau standar taksiran dari logam mulia yang digadaikan nasabah, besarnya Rp. 544 ribu. Itu untuk kredit gadai per posisi hari ini juga. Trendnya memang, harga dollar naik, maka harga emas juga ikut naik,” jelasnya.

Mustamin yang baru sebulan menjabat sebagai Pimcab PT. Pegadaian Cabang Kendari berpromosi, bahwa masyarakat mendapatkan benefit yang besar dari aktifitas gadai emas yang dilakukan di Pegadaian. Sebab jika masyarakat menggadai emasnya, PT. Pegadaian memberi kredit dengan hitungan Rp.544 ribu per gramnya. Namun, saat nasabah hendak membeli emas yang dilelang oleh PT. Pegadaian, nilainya justru malah lebih murah.

“Di pasar, harga emas sekarang senilai Rp.620 ribu per gramnya. Tapi kalau nasabah ingin membeli emas di Pegadaian, kami kasih harga Rp. 450 s.d 500 ribu saja pergramnya. Jadi sangat murah. Kalau emas batangan atau logam mulia per gramnya kami jual ke masyarkat antara Rp. 550 s.d 600 ribu per gram. Tapi ini berfluktuasi ya. Tapi bermain di angka itu,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, PT. Pegadaian Cabang Kendari telah menyalurkan uang ke nasabah senilai Rp.70 miliar lebih untuk periode Januari, Februari hingga posisi 6 Maret.

Sementara itu, kenaikan harga dollar tidak memberikan dampak lebih kepada penjual emas di Mall Mandonga. Pemilik Toko emas Triwi Jaya, Jaya mengatakan, naiknya harga dollar tidak berpengaruh di toko emas miliknya. Katanya, kendati dollar menguat, tapi emas di tokonya tetap dengan harga Rp.550 ribu per gram untuk emas 23 karat (875 stempel toko) dan Rp.450 ribu per gram untuk emas 22 karat (700 stempel toko).

Menurut Jaya, kalau kenaikan dollar hanya seribu rupiah saja, maka dia tidak serta merta menaikkan harga emas di toko emas miliknya di lantai basement Mall Mandonga. Sebab baginya, tidak memberikan dampak lebih terhadap penjualan.

Berbeda dengan Jaya, Rafi yang merupakan pemilik toko emas Riau di Mall Mandonga, mengatakan, ada kenaikan harga emas di tokonya. Untuk emas 23 karat, dijual seharga Rp.570 ribu per gram.Sedangkan untuk emas22karat, dijual seharga Rp.470 ribu per gram. Tapi, kata Rafi yang sudah 10 tahun berjualan emas, kenaikan itu bukan karena dipengaruhi dollar, melainkan karna naiknya harga emas dunia.

“Kalau dollar naik, tidak signifikan berpengaruh pada harga emas. Kecuali harga emas dunia naik, baru mi naik juga. Contoh bulan Januari, harga emas 23 karat Rp 550 ribu per gram dan untuk emas 22 karat per gramnya Rp.450 ribu. Sekarang ini, emas 23 Rp. 570 ribu per gram dan emas 22 karat Rp.470 ribu per gram,” tandasnya. (Ind/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top