Pariwara
Konawe Selatan

BUMDes Diyakini Majukan Ekonomi Masyarakat Konsel

KAMALUDDIN/KENDARI POS
EKONOMI : Salah satu BUMDes di Konsel yang kini memperlihatkan perkembangan menggembirakan. Diyakini, lembaga tersebut dapat meningkatkan perekonomian warga setempat.

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Konsel diprediksi akan meningkat pesat. Pasalnya, peluang perkembangan perekonomian di daerah tersebut semakin nampak dengan adanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada sejumlah desa di kabupaten itu. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konsel, Dr. Sahlul, melalui Staf Usaha Ekonomi Desa (UED) DPMD Konsel, Abdul Muthalib, mengungkapkan, jumlah BUMDes yang terbilang aktif di Konsel untuk saat ini berjumlah 245 lembaga pada masing-masing desa.

Dengan jumlah tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat. “Jumlah BUMDes sekitar itu dan rata-rata sudah berjalan. Meskipun demikian jumlah desa sebenarnya sekitar 336. Tapi itulah yang aktif, menurut data yang kami himpun di UED,” ungkap Abdul Muthalib, Kamis (8/3). Sejumlah desa yang resmi miliki BUMDes aktif tersebut telah dibuktikan dengan berbagai indikator yang harus terpenuhi.

“Yakni, harus ada peraturan desanya. Ada anggaran dasar, ada bisnis plan, SK kepengurusan, lalu ada penyertaan modal dari dana desa sesuai proposal pengajuan permohonan pembentukan BUMDes,” bebernya. Dari situ, ia meyakini, pertumbuhan ekonomi di Konsel bisa berkembang pesat. Dicontohkannya, seperti di Desa Sambahule yang memiliki BUMDes Adau Jaya dan boleh dibilang cukup maju. Pasalnya sudah menyiapkan peluang usaha mikro bagi warga desa itu sendiri.

“Di desa ini sudah ada usaha simpan pinjam, ada sarana produksi pertanian (Saprodi). Ekonomi masyarakat mulai tumbuh,” jelasnya. Apalagi, BUMDes Adau Jaya menjadi salah satu sarana simpan pinjam bagi masyarakat yang didukung dengan permodalan dari dana desa. “Penyertaan modal dari desa mencapai Rp 58 juta. Plafon pinjaman untuk masyarakat sekitar Rp 5 juta. Bayangkan kalau masing-masing peminjam membuka usaha-usaha kecil, tentu selain membuka lapangan kerja juga meningkatkan perekonomian masyarakat itu sendiri,” jelas Abdul Muthalib. Pihaknya berharap pengelolaan BUMDes berjalan maksimal. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top