Pariwara
Wakatobi

Penerima PKH di Wakatobi Capai 5.620 KK

KENDARIPOS.CO.ID — Penyaluran bantuan program keluarga harapan (PKH) di Wakatobi tahun ini mengalami peningkatan cukup siginifikan. Tahun 2018 ini tercatat ada 5.620 keluarga penerima manfaat (KPM) yang akan menerima bantuan selama empat tahap. Bedanya, tahun 2017 lalu, bantuan melalui Kementerian Sosial untuk peserta PKH hanya sebanyak 3.393 kepala keluarga saja. Meski penyaluran bantuan tahun lalu tak bisa terealisasi hingga empat tahap, bukan berarti hak para KPM ditiadakan begitu saja. Sebab dalam pendistribusian tahap satu tahun ini, penerima KPM diberikan untuk tiga tahap sekaligus. Yakni, tahap tiga tahun 2017 sebanyak Rp 500 ribu dan tahap empat tahun 2017 sebesar Rp 390 ribu.

“Kalau tahap pertama tahun ini yang diberikan kepada para peserta itu hanya sebesar Rp 10 ribu saja. Jadi total yang diterima secara tunai sebesar Rp 900 ribu. Sisanya Rp 490 ribu tetap disalurkan ke nomor rekening masing-masing,” ungkap Sarman Samara, Koordinator Kabupaten Pendamping PKH, Rabu (7/3). Sarman sapaan akrabnya menambahkan, penyaluran PKH tersebut harus dilakukan secara nontunai. Hanya, kondisi jaringan di Wakatobi khususnya di pulau Kaledupa, Tomia dan Binongko yang kurang maksimal sehingga peserta rata-rata diberikan secara tunai. Tapi, tidak semuanya karena sebagaian anggaran tersebut disimpan di rekening penerima.

“Itu tetap menjadi hak mereka. Kita harapkan, bantuan ini dimanfaatkan sebaik mungkin. Jangan diambil semua. Ini untuk kebutuhan sekolah anak atau bagi bayi dan balita. Jadi, jangan digunakan sembarang,” pintanya. Untuk penyaluran tahap satu tahun 2018 pada enam kecamatan sudah dilakukan. Sementara Kecamatan Wangiwangi dan Wangiwangi Selatan rencananya akan disalurkan pada tanggal 9 hingga 11 Maret mendatang.

Salah seorang warga asal Kelurahan Tongano Barat Kecamatan Tomia Timur, Hesti, terpaksa harus gigit jari. Ia harus kembali ke rumah dengan tangan kosong karena tak bisa mewakili ibu kandungnya menerima bantuan ini. “Kita di suruh pulang. Katanya harus ibu saya yang ambil bantuan ini secara langsung. Untuk sekarang tidak bisa lagi diwakili karena katanya sudah beda aturannya dengan tahun lalu,” katanya.

Sekadar diketahui, bantuan yang diberikan kepada ribuan KK ini akan diterima selama empat kali. Untuk tahap pertama, kedua dan ketiga masing-masing sebesar Rp 500 ribu dan tahap keempat sebanyak Rp 390 ribu. Selain itu berhak menerima bantuan ini adalah bagi warga yang kurang mampu dan memiliki anak sekolah, Lansia usia 70 tahun ke atas serta cacat berat. (c/thy)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top