Pariwara
Muna

Muna Dijatah Rp 39 M DAK

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna terus menggenjot peningkatan infrastuktur jalan dalam rangka mendukung arus distribusi barang dan jasa. Tahun ini, otorita dalam kendali Bupati, LM Rusman Emba tersebut mendapat dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp 39 miliar. Plot anggaran disiapkan untuk mengaspal jalan poros yang strategis yakni ruas menuju obyek wisata dan menuju Bandar Udara Sugimanuru.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Muna, La Ode Bou, mengatakan, DAK tersebut dibagi antara lain Rp 11 miliar untuk pengaspalan jalan Sutan Syahrir menuju poros Kecamatan Lohia sepanjang lebih kurang 7 kilometer. Akses jalan itu terbilang strategis sebab menghubungkan obyek wisata Danau Napabale, Pantai Meleura dan Danau Motonuno. Selain itu, pengaspalan jalan Matarawa menuju Bandara Sugimanuru sepanjang lebih kurang 2,4 kilometer dengan nilai Rp 4 miliar lebih. “Matarawa itu prioritas karena memang kondisi jalannya rusak parah. Apalagi jalur itu menghubungkan bukan saja bandara, melainkan Muna Barat dan Buton Tengah,” jelasnya, Rabu (7/3).

Selain itu, pengaspalan jalan juga akan di lakukan di poros Kelurahan Dana dengan nilai Rp 15 miliar. “Sisanya ada pengaspalan juga di Muna Timur. Tapi saya kurang ingat persisnya,” sambung mantan Asisten II Setkab Muna itu. Saat ini, perencanaan proyek DAK tersebut sudah tuntas dilelang. Diupayakan Maret ini dana sudah mulai terserap. “Targetnya DAK terserap maksimal. Kalau lelang pekerjaannya, mungkin April atau Mei,” terangnya.

Diketahui dari data statistik Kabupaten Muna 2017, panjang jalan di daerah itu memang sebagian besar dalam kondisi rusak. Total panjang jalan kabupaten di Muna yakni 961,64 kilometer, 613 kilometer diantaranya mengalami kerusakan sedang maupun berat. Dengan keterbatasan anggaran menyebabkan Pemkab harus menetapkan skala prioritas. “Program unggulan daerah saat ini pariwisata. Jadi peningkatan infrastruktur khusus jalan fokusnya di situ. Termasuk bandara yang merupakan pintu masuk Muna,” papar La Ode Bou. (b/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top