Pariwara
Buton

Buton Target Juara MTQ Provinsi

Murtaba Muru

KENDARIPOS.CO.ID — Medio Maret ini, helatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan digelar di Buton Utara. Para kafilah dari Kabupaten Buton menargetkan meraih 12 medali emas dari 37 cabang yang akan diperlombakan. Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Setkab Buton, Murtaba Muru, mengatakan, kesiapan Pemkab dalam menghadapi perhelatan MTQ di Butur pada tanggal 18 sampai 28 Maret, sudah sampai 100 persen. “Yang terpenting adalah bagaimana kami bisa memertahankan prestasi pada MTQ sebelumnya. Kita sudah siap baik dari peserta sampai panitia. Sehingga target kita selain mempertahankan juara dua dengan delapan emas, kita juga optimis bisa meraih juara umum dengan raihan 12 medali emas,” kata Murtaba Muru, saat ditemui di kantor Bupati Buton.

Kafilah Kabupaten Buton yang akan menurunkan berjumlah 40 peserta dan 20 pelatih, termasuk sejumlah panitia. Secara keseluruhan telah dipersiapkan dari pakaian, kendaraan hias hingga pemondokan para kafilah di Butur. Sebelum berangkat, rombongan akan dilepas Plt Bupati Buton, La Bakry. Murtaba menerangkan, anggaran yang disiapkan sebesar Rp 450 juta melalui APBD. Jumlah tersebut diakui lebih sedikit dari sebelumnya, kurang lebih Rp 500 juta.

Untuk kafilah berprestasi, Pemkab mempersiapkan biaya pembinaan. “Kita berharap pada MTQ kali ini dapat bersama-sama menyiarkan kegiatan keislaman di tengah-tengah masyarakat, sehingga dapat memperkokoh nilai spritual,” harapnya. Hal senada dikatakan salah seorang peserta, Rafli. Ia mengaku, ini merupakan pengalaman pertama mewakili daerah untuk berlomba ditingkat provinsi. “Saya akan berjuang semaksimal mungkin untuk menyumbangkan emas bagi Buton,” jelasnya.

Untuk diketahui, pada perhelatan MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Buton di Kecamatan Kapontori pertengahan Februari lalu, tuan rumah berhasil keluar sebagai juara umum dengan meraih 12 medali emas, 7 perak dan 5 perunggu dengan nilai 84. Posisi kedua diraih Kecamatan Pasarwajo dengan perolehan 8 emas, 6 perak, 9 perunggu dengan nilai 67 dan menyusul Kecamatan Lasalimu Selatan yang meraih 5 emas, 4 perak dan 4 perunggu dengan nilai 41. (c/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top