Pariwara
Konawe Utara

PT SJM Dituding Menambang Ilegal di Konut

LAODE IMAN/KENDARI POS
SOROT TAMBANG : Wasindo Sultra melakukan aksi unjukrasa di depan Mapolda mendesak pengusutan salah satu perusahaan yang mereka tuding melakukan penambangan ilegal di Konut.

KENDARIPOS.CO.ID — PT Sultra Jembatan Mas (SJM) diduga kuat melakukan penambangan nikel ilegal di Desa Waturamba, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara ( Sultra). Hal itu terungkap setelah puluhan massa yang tergabung dalam Wasindo Sultra melakukan aksi unjukrasa di depan markas Kepolisian Daerah (Polda) Sultra, Selasa (6/3). Jenderal Lapangan, Aris Lagundi, membeberkan, berdasarkan hasil investigasi di lapangan banyak ketimpangan yang dilakukan PT SJM. Misalnya, disinyalir tak memiliki izin usaha pertambangan (IUP) eksplorasi maupun IUP produksi, lalu tak punya analisis dampak lingkungan (Amdal) belum CnC dan membuat pelabuhan tanpa izin resmi. Parahnya, perusahaan tersebut telah menggarap hutan produksi terbatas.

Kemudian, lanjut Aris, tahun 2012 sejumlah ore telah dipasangi garis polisi karena melanggar aturan. Namun PT SJM justru tetap melakukan pengangkutan dan tak mengindahkan policeline tersebut. “Ini sangat aneh. Kok berani sekali garis polisi yang telah dipasang tak dihiraukan. Bahkan sekarang mereka siap melakukan pengapalan. Ada apa ini. Kami curiga ada permainan dengan backup dari oknum aparat,” tudingnya, saat berorasi. Aris Lagundi meminta pada pihak Polda Sultra menghentikan dan mengusut tuntas proses penambangan yang dilakukan PT SJM. Lalu menangkap siapa dalang utama sebab ini merupakan pengrusakan hutan yang sangat jelas melanggar undang-undang nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan pengrusakan hutan lindung.

“Polda Sultra harus mengambil sikap tegas. Kami juga akan melaporkan hal ini ke Mabes Polri. Kami akan melakukan aksi di Mabes dan di kantor Kementerian,” ancamnya. Usai berorasi di Polda para pengunjukrasa kemudian bergeser ke Dinas Kehutanan Provinsi. Sayang tak ada satu pun yang bisa memberikan komentar. Kecewa, mereka menuju kantor Dinas ESDM Sultra. Di sana massa aksi ditemui Kabid Pertambangan, Muh. Hasbullah Idris. Dia mengaku akan segera berkoordinasi dengan Dishut lalu menurunkan tim melakukan peninjauan terhadap kawasan pertambangan PT SJM. “Aspirasi kami terima dan segera membentuk tim,” janji Hasbullah. (imn)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top