Pariwara
Buton Tengah

Bupati Buteng Apresiasi Pabrik Aspal Lolibu

H. Samahuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Beroperasinya pabrik aspal PT Golden Prima Wakatobi di Buton Tengah (Buteng) diharapkan bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Selain itu, keberadaan pabrik juga membantu pemerintah kabupaten (Pemkab) dalam menggenjot pembangunan infrastruktur jalan. Hal tersebut disampaikan Bupati Buteng, H. Samahuddin setelah memantau kegiatan pabrik, baru-baru ini. Menurutnya, ia sangat mengapresiasi beroperasinya pabrik aspal yang berlokasi di Desa Lolibu, Kecamatan Lakudo.

Kegiatan pabrik tersebut akan berdampak pada peningkatan PAD dan menggerakan sektor riil di masyarakat. Bahkan pabrik bisa menyediakan kebutuhan aspal bagi Pemkab yang saat ini sementara melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan. “Dengan adanya pabrik ini, kita bisa menghemat biaya pemesanan aspal yang biasanya didatangkan dari luar kabupaten. Apalagi kualitasnya juga mampu bersaing dengan aspal dari daerah lain. Bisa menghasilkan ready mix asphalt (RMA), pabrik ini juga memproduksi aspal hotmix,” ungkapnya.

Dari hasil pantauan, pabrik itu bisa memproduksi aspal 60 ton per jam atau satu ton per menit. Namun dalam sehari pabrik itu hanya memproduksi aspal 480 ton setiap hari atau hanya beroperasi selama delapan jam sehari. “Sementara untuk tenaga kerja mereka memberdayakan puluhan masyarakat setempat,” ujarnya. Samahuddin mengungkapkan, pabrik itu bisa melayani pesanan dari luar, jika semua kebutuhan aspal di Buteng sudah terpenuhi. Namun untuk saat ini, pabrik aspal itu diminta fokus melayani kebutuhan pembangunan infrastruktur jalan yang di daerah tersebut.

Pasalnya, Pemkab Buteng terus menggenjot peningkatan akses jalan, agar jalur transportasi lebih lancar. “Kami menyadari, jalan merupakan salah satu faktor yang bisa menggerakan roda ekonomi masyarakat. Artinya, dengan jalur transportasi yang lancar, maka akan menarik minat investor ke Buteng. Pasalnya, proses distribusi akan semakin lancar,” tutupnya. (b/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top