Pariwara
Kesehatan

Waspada! Ini Ciri-ciri Kanker Penis

KENDARIPOS.CO.ID — Penile cancer atau kanker penis biasanya bermula pada sel-sel kulit dan dapat menyusup ke bagian dalam dari organ seks pria. Meski terbilang langka, setidaknya terdapat 2.100 kasus setiap tahunnya yang disebabkan oleh kondisi mematikan ini. Hingga saat ini, dokter masih belum mampu menemukan penyebab sebenarnya dari kanker penis. Namun diketahui bahwa mereka yang tidak menyunat kulit khatannya memiliki resiko yang lebih tinggi dari mereka yang sunat.

Alasannya tentu adalah karena cairan tubuh yang terperangkap pada kulit khatan yang tidak tercuci bersih dapat berkonribusi pada pertumbuhan sel kanker.

Beberapa peneliti juga berpendapat bahwa mereka yang terkena HPV atau human papillomavirus juga beresiko alami hal serupa.

Meski lebih umum terjadi pada mereka yang berusia di atas 60 tahun, kanker penis juga dapat terjadi pada mereka di usia muda.

Adapun ciri-ciri kanker penis yang sangat krusial dikenali di awal-awal pertumbuhannya adalah seperti

1. Benjolan atau bengkak pada penis
2. Ruam atau bekas luka yang tidak sembuh
3. Keluar cairan yang tak sedap
4. Luka pada penis, terkadang berdarah
5. Benjolan di bawah kulit di bagian selangkangan

Meski Anda mengalami beberapa gejala yang disebutkan di atas, tidak berarti mutlak itu kanker penis. Sebab, pastikan kondisi Anda memeriksakan diri ke ahlinya. Mencegah hal yang tidak diinginkan dapat menghindarkan Anda dari hal terburuk.(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top