Pariwara
Kolaka Utara

SKPD Kolut Dilatih Berbahasa Indonesia yang Baik

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
PELATIHAN BAHASA–Para pejabat SKPD di lingkup Pemkab Kolut dilatih berbahasa Indonesia yang baik dan benar, khususnya dalam tata persuratan dinas.

KENDARIPOS.CO.ID — Puluhan keterwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baik kepala dinas, khususnya para sekertaris di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) dilatih berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Pertemuan yang digelar dalam bentuk penyuluhan itu diprakarsai Kantor Bahasa Sultra, Senin (5/3). Kordinator Tata Usaha Kantor Bahasa Sultra, Abdul Razak, menjelaskan untuk saat ini hanya satu kabupaten yang dipilih sebagai tempat penyuluhan tersebut karena dipandang memiliki perkembangan daerah yang lebih cepat dibanding lainnya. Kondisi demikian mengharuskan wilayah tersebut juga harus tumbuh beriringan dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada.

“Saya mengapresiasi karena peserta yang hadir melebihi perkiraan kami,” sanjung Abdul Razak. Inti dari penyuluhan tersebut menyangkut tata surat-menyurat yang efektif sesuai kaidah bahasa Indonesia yang benar. Materinya dipatok pada tiga garis besar yakni menyangkut ejaan dalam berbahasa, diksi atau pilihan kata serta kalimat yang dituangkan. “Kami tidak akan membahas jauh diluar tiga poin itu karena setiap OPD bentuk suratnya berbeda-beda sesuai peraturan menteri masing-masing,” tuturnya.

Asisten II Setkab Kolut, Ir. Junus yang hadir mewakili Pemkab menyambut baik penyuluhan itu. Sengaja ia memprioritaskan mendatangkan para sekretaris OPD karena dianggap ujung tombak dalam hal administrasi di instansi masing-masing. “Surat ini memang pekerjaan rutin namun terkadang beda versi masing-masing OPD. Menurut saya seharusnya bisa diseragamkan di tingkat kabupaten dengan dibuatkan peraturan bupati,” paparnya.

Menurut Junus, hal itu untuk menyeragamkan semua tata persuratan di kabupaten namun tetap mengacu pada peraturan yang lebih tinggi baik Kemendagri maupun KemenPAN-RB. “Semua OPD harus profesional dalam hal ini, agar tidak selalu menjadi bahan koreksi setiap saat,” tandasnya. (c/rus)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top