Pariwara
Metro Kendari

Pemkot Kendari Usulkan 55 Kapal untuk Nelayan

Sumber : DKP Kota Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Nelayan Kota Kendari yang mengharapkan mendapat bantuan kapal dari pemerintah kini tinggal menunggu respon dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pasalnya Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari sudah mengusulkan bantuan kapal nelayan sesuai dengan usulan dari mereka.

Kepala DKP Kota Kendari, Agusalim Safrullah mengatakan sebagai wujud perhatian Pemkot Kendari terhadap peningkatan kesejahteraan nelayan, maka tahun ini Pemkot kembali mengusulkan bantuan sarana perikanan tangkap sebanyak 55 unit kapal melalui APBN di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). “Kita selalu menyambut program pusat, apalagi itu memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita,” ujar Agusalim Safrullah, Senin (5/3).

Agusalim merinci usulan tersebut terdiri dari 11 unit kapal berkapasitas 30 gross tonnage (GT), 8 unit kapal 20 GT, 2 unit kapal 10 GT, 18 unit kapal 5 GT dan 16 unit kapal di bawah 5 GT. “Usulan itu berdasarkan permintaan dan aspirasi kelompok usaha bersama (KUB) nelayan di wilayah pesisir,” katanya.

Kapal itu lanjut dia tidak diusulkan secara pribadi para nelayan. Melainkan melalui koperasi yang mewadahi mereka. Di Kota Kendari ini terdapat empat Koperasi Perikanan. “Yang mengusulkan itu koperasi Rahmad iIlahi sebanyak 16 unit, Koperasi Egid Putra 17 unit, Koperasi Sinar Usaha Laut 14 unit, dan Koperasi Adi jaya Lestari 8 unit,” rinci Agusalim.

Sebagai informasi, sejak 2016 hingga 2017 bantuan sarana perikanan tangkap telah terealisasi di Kota Kendari sebanyak 19 unit. Itu terdiri dari 6 unit kapal berukuran 30 GT, 3 unit kapal 20 GT, dan 10 unit kapal berukuran sampai 5 GT. “Tahun ini semoga bisa disetujui sesuai usulan kita,” ungkap Agusalim. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top