Pariwara
Buton

Pemkab Buton Siap Fasilitasi Pemasaran Hasil Pertanian Warga

WA ODE AMALA/KENDARI POS
BANTUAN BIBIT–Plt Bupati Buton, La Bakry (kanan) menyerahkan bantuan bibit pada perwakilan petani. Ia menjamin hasil produksi petani dapat terjual.

KENDARIPOS.CO.ID — Panen raya padi ladang di Desa Togomangurua, Kecamatan Lasalimu baru saja dilakukan. Plt. Bupati Buton La Bakry bersama Kepala Dinas Pertanian, Azizu turut hadir dalam seremoni tersebut. Dalam kesempatan itu, La Bakry mengatakan, pemerintah akan membeli semua hasil pertanian seperti padi, jagung dan lainnya di daerah itu khususnya Togomangura dengan syarat harus dilaporkan ke pemerintah atau instansi terkait.

“Namun sampai saat ini tidak ada informasi dari petani pada pemerintah,” kata La Bakry di hadapan Kepala DPMPD, Alimani, Camat Lasalimu, Samiuddin dan tokoh masyakarat lainnya. Menurutnya, selama ini pemerintah membuka ruang untuk penampung hasil pertanian, hanya saja tak ada informasi berapa dan jenis hasil tanaman apa yang diproduksi. Namun semua ini diakui karena kurangnya tenaga penyuluh pertanian sehingga terjadi miskomunikasi antara petani dan pemerintah.

“Saya bisa hubungi pihak rekanan yang ada di Kendari jika ada informasi panen warga. Sebab sudah dijamin berapapun yang diproduksi akan dibeli,” ungkapnya. Untuk persoalan keluhan masyarakat setempat, dia menanggapi jika yang pernah menjual hasil pertaniannya ke Bulog namun ditolak, itu karena tak sesuai dengan target produksi yang dihasilkan. Dia meminta masyarakat agar proaktif memberikan informasi hasil produksi mereka ke pemerintah.

“Pihak Bulog juga relevan ketika menolak itu, karena banyak hal yang harus dipertimbangkan. Dengan demikian saya harap masyarakat harus proaktif dalam memberikan informasi pada pemerintah, bisa melalui kepala desa atau Dinas Pertanian sehingga kita bisa antisipasi,” jelas La Bakry. Untuk menunjang produksi hasil pertanian masyarakat, pihak Dinas Pertanian memberikan bantuan bibit, pupuk dan pembasmi hama secara gratis.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Togomangura, Rudin, mengapresiasi kebijakan yang dilakukan Pemkab Buton untuk menampung dan membeli hasil tani masyarakatnya. Diakui jika selama ini memang pihaknya terkendala pada pemasaran hasil pertanian.
“Alhamdulillah Pemkab melalui Dinas Pertanian yang memberi bantuan berupa pupuk, bibit dan pembasmi hama sangat menunjang pekerjaan para petani. Dan dengan adanya komitmen Pemkab untuk menampung dan membeli hasil tani masyarakat dapat memacu semangat petani untuk lebih giat menanam, baik itu jagung hibrida maupun padi,” tutup Rudin. (c/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top