Pariwara
Wakatobi

Distribusi Air Bersih di Wakatobi Belum Maksimal

Subardin Bau

KENDARIPOS.CO.ID — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Wakatobi terus berupaya memberikan pelayanan terbaik. Tahun ini, penuntasan pasokan kebutuhan air minum di Pulau Wangiwangi menjadi salah satu prioritas. Termasuk di dua pulau lainnya, yakni Kaledupa dan Binongko akan segera diselesaikan.

Penyalurah air bersih pada kedua pulau ini diakui pihak PDAM Wakatobi hingga kini memang belum maksimal. Pasalnya, hanya sebagaian desa dan kelurahan saja yang baru teraliri. Kurangnya pendistribusian pada sejumlah wilayah masih menjadi pekerjaan rumah dan tantangan bagi perusahaan daerah tersebut. Kepala PDAM Wakatobi, Subardin Bau, mengungkapkan untuk di Pulau Binongko, penyaluran air besih baru dirasakan masyarakat pada Kecamatan Togo Binongko. Itupun tidak semuanya karena baru dua kelurahan yakni Popalia dan Sowa.

“Kalau Taepabu, Amokoro Oihu hingga Woloindi belum teraliri air bersih secara maksimal,” ungkapnya, senin (5/3). Sementara itu, di Kecamatan Kaledupa penyebab utamanya karena terkendala sumber air. Ditambah lagi persoalan lain yang dihadapi pihaknya adalah jaringan perpipaan yang sudah mulai berkarat karena telah lama difungsikan. “Pengadaannya saat Wakatobi masih masuk dalam Kabupaten Buton. Sehingga potensi terjadinya kebocoran sangat tinggi,” tambahnya.

Sementara itu Adnan Syarif, Seksi Penataan Bangunan dan Mata Air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Wakatobi menyebut, masalah yang dihadapi saat ini telah dikoordinasikan dengan pihak PDAM Wakatobi. Apalagi kata dia persoalan perpipaan sudah masuk dalam perencanaan melalui dana alokasi khusus (DAK). “Mudah-mudahan bisa terealisasi semuanya pada tahun 2019 mendatang. Kita rencananya anggarkan Rp 30 miliar,” ungkapnya.

Salah seorang warga Kelurahan Palahidu Kecamatan Binongko, La Ane, mengatakan sejauh ini masyarakat belum merasakan air bersih dari PDAM. Ia berharap agar persoalan ini diseriusi oleh pemerintah sehingga pendistribusian air bersih merata pada seluruh pulau di Wakatobi. (b/thy)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top