Pariwara
Politik

KPU Warning Parpol Selektif Usung Caleg

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) mewanti-wanti partai politik untuk selektif dalam mengusung calon kepala daerah yang mengikuti kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Komisioner KPU RI, Hasyim Asy’ari menjelaskan, hal itu penting guna mencegah terjadinya praktik kecurangan, bahkan tindak pidana korupsi yang terjadi saat ini. “Jadi proses rekrutmen menjadi suatu yang penting, track record orang-orang ini dan harus hati-hati ketika mengajukan atau mencalonkan profil tertentu,” jelas dia di kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat akhir pekan lalu.

Hasyim menegaskan, proses penangkapan sejumlah cakada oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru-baru ini juga merupakan warning bagi para parpol pengusung. “Ini kan sebetulnya warning kepada siapa yang mencalonkan. Sehingga ini adalah peringatan bagi siapa yang punya wewenang mencalonkan. Dalam posisi ini yang mencalonkan adalah partai politik,” sambungnya.

Hasyim juga mengingatkan agar parpol bisa selektif mengusung calon dalam pemilihan legislatif yang berlangsung 2019 mendatang. “Ini pesan juga, karena dalam waktu yang tidak terlalu lama pemilu 2019 juga ada pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi maupun kabupaten kota yang tersebar di 2000an daerah pemilihan,” jelasnya.

“Sehingga partai politik harus betul-betul hati-hati, cermat dan UU mengatakan proses rekrutmen calon dilakukan dengan cara yang demokratis dan transparan. Ini yang saya kira perlu dirumuskan oleh partai politik, tentang apa itu prosedur demokratis dan transparan dalam proses pencalonan untuk mendukung calon,” sambung Hasyim. (dem/rmol)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top